Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127229
Title: Analisis Perbandingan nilai tambah karet alam pada Ribbed Smoked Sheet (RSS) dan Standard Indonesian Rubber (SIR)
Other Titles: Comparative Value Added Analysis of Natural Rubber in Ribbed Smoked Sheet (RSS) and Standard Indonesian Rubber (SIR)
Authors: Rifin, Amzul
Karnila, Hidanti
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Karet adalah salah satu komoditi unggulan ekspor di Indonesia. Peningkatan produksi setiap tahunnya menunjukkan produktivitas karet Indonesia sangat baik. Permintaan ekspor karet alam Indonesia pun semakin meningkat dan beragam dalam berbagai produk setengah jadi karet. Peningkatan permintaan ekspor produk setengah jadi karet alam Indonesia harus diimbangi dengan penambahan produksi produk setengah jadi karet alam di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbandingan nilai tambah dan harga jual karet alam dalam produk setengah jadi karet yaitu pada Ribbed Smoked Sheet (RSS) dan Standard Indonesian Rubber (SIR). Alat analisis yang digunakan adalah metode Hayami. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai tambah dan nilai jual karet Ribbed Smoked Sheet (RSS) lebih besar dibandingkan karet Standard Indonesian Rubber (SIR). Pada produk RSS dengan tipe RSS terutama RSS 1 memiliki nilai tambah sebesar Rp 1389.54 per kg dan pada tipe SIR yaitu SIR 20 memiliki nilai tambah sebesar Rp 887.96 per kg. Dengan harga jual yang mengikuti harga karet dunia, harga karet RSS lebih tinggi dibandingkan harga karet SIR. Oleh karena itu, produk karet RSS memiliki nilai tambah dan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk karet SIR.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127229
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16hka.pdf
  Restricted Access
Full Text16.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.