Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127178
Title: Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi risiko produksi jagung manis di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor
Other Titles: Analysis of Factors Affecting the Risk of Sweet Corn Production at Sukajadi Village, Tamansari Sub-District, Bogor District.
Authors: Jahroh, Siti
Jamiati
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Kecamatan Tamansari merupakan penghasil jagung manis terbesar di Kabupaten Bogor. Pada tahun 2011 sampai 2015 produktivitas jagung manis di Kecamatan Tamansari berfluktuasi yang mengidentifikasikan adanya risiko. Desa Sukajadi merupakan penghasil jagung manis terbesar di Kecamatan Tamansari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor risiko produksi yang dihadapi oleh petani jagung manis di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari. Penelitian ini menggunakan metode Just dan Pope untuk melihat fungsi produktivitas rata-rata dan fungsi variance yang mempengaruhi produksi jagung manis. Berdasarkan pendugaan parameter fungsi produktivitas, penggunaan benih, pupuk kandang, furadan dan musim berpengaruh nyata terhadap produktivitas jagung manis. Berdasarkan pendugaan parameter fungsi variance, penggunaan pupuk kandang, pupuk KCL, urea dan tenaga kerja berpengaruh pada taraf nyata 20 persen. Variabel pupuk kandang dan urea menjadi faktor yang dapat meningkatkan risiko (risk inducing factors). Sedangkan penggunaan pupuk KCL dan tenaga kerja menjadi faktor yang dapat menurunkan risiko (risk reducing factors).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127178
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16jam.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.