Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127142
Title: Pengaruh Konten Edukasi Keuangan di TikTok terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z di Jabodetabek
Other Titles: The Effect of Financial Education Content on TikTok on the Financial Behavior of Generation Z in Jabodetabek
Authors: Ermawati, Wita Juwita
Setyani, Nofita
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Generasi Z sebagai penerus bangsa perlu memiliki kecakapan dalam pengelolaan keuangan. Namun, pada tahun 2021 sebagian besar Generasi Z memiliki total pengeluaran lebih besar dari pendapatannya yang menunjukkan bahwa Generasi Z belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Hidup di era digital, penggunaan media sosial seperti TikTok erat digunakan Generasi Z termasuk untuk mendapatkan informasi dan edukasi keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi pada konten edukasi keuangan di TikTok terhadap perilaku keuangan Generasi Z di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebanyak 180 responden. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan Structural Equation Modelling Partial-Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kesenangan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap Generasi Z. Sikap, persepsi kontrol perilaku, dan norma subjektif berpengaruh positif signifikan terhadap niat. Niat berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku aktual Generasi Z dalam melakukan pengelolaan keuangan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127142
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pernyataan, Abstrak, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover404.9 kBAdobe PDFView/Open
H24190036_Nofita Setyani.pdf
  Restricted Access
Fullteks878.84 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran186 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.