Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127116
Title: Analisis permintaan dan penawaran teh Indonesia di pasaran domestik dan international
Authors: Gonarsjah, Isang
A.M. Saefuddin
A.Y. Rajino
Hanani, Nuhfil
Issue Date: 1986
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Dalam segi permintaan di pasaran domestik, baik teh hitam maupun teh hijau permintaannya tidak dipengaruhi oleh harganya, komoditi substitusinya, pendapatan konsumen, mau- pun tingkat konsumsi yang diinginkan oleh konsumen. Pen- dekatan secara keseluruhan (Agregat), juga diperoleh hasil yang konsisten. Dalam segi penawaran ekspor, teh hitam relatif telah berorentasi pada pasaran internasional. Disamping itu penawaran teh hitam di pasaran internasional juga dipengaruhi oleh pena- waran pada pasaran domestik pada periode sebelumnya, dan ni lai tukar. Sedangkan pengaruh dari variabel-variabel permintaan dan penawaran domestik lainnya tidak menunjukkan penga ruh terhadap penawaran ekspor teh Indonesia, hal ini disebabkan oleh karena teh hitam dalam strategi pemasarannya memang berorentasi pada ekspor. Dalam segi daya saing, ekspor teh Indonesia di pasaran internasional bersaing dengan teh dari Tanzania; bersifat independen dengan teh dari India, Srilangka, dan Kenya; dan mempunyai daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekspor teh dari Mozambik dan Uganda.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127116
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1986nha.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.