Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127046
Title: Analisa perilaku pembelian dan implikasinya pada strategi pemasaran mi instan: Kasus konsumen rumah tangga dan konsumen individu di Kodya Bogor
Authors: Krisnamurthi, Y.Bayu
Patricia, Ivo
Issue Date: 1998
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Fenomena mengkonsumsi mi instan di Indonesia mulai kelihatan sekitar tahun 1970-an, saat makanan ini mulai diperkenalkan kepada masyarakat. Keberadaan industri mi instan diawali oleh PT. Supermi yang dianggap sebagai perintis industri mi kering di Indonesia. Tingkat pertumbuhan konsumsi mi instan (1990 - 1995) yang sebesar 27 persen per tahun menarik minat para investor untuk memasuki industri mi instan sehingga persaingan antara produsen semakin ketat. Pemahaman mengenai konsumen akan sangat menentukan keberhasilan strategi pemasaran sebuah usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perilaku pembelian konsumen rumah tangga dan konsumen individu dan mengetahui hubungan antar faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli mi instan serta implikasi faktor-faktor tersebut pada strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di beberapa lokasi perumahan di kodya Bogar. Pemilihan responden dilakukan secara Stratified Random Sampling. Konsumen dalam penelitian ini dibedakan menjadi konsumen rumah tangga dan individu. Sasaran responden konsumen rumah tangga adalah ibu rumah tangga dan sasaran konsumen individu adalah mahasiswa indekos. Responden adalah pengkonsumsi mi instan dalam sebulan terakhir dan dibedakan menurut kelas sosial, yaitu kelas atas, menengah dan bawah.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/127046
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A98IPA.pdf
  Restricted Access
Fullteks2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.