Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126998
Title: Peran pembiayaan terhadap kinerja usaha perdagangan produk pertanian (Studi kasus: anggota Koperasi Baytul Ikhtiar Kabupaten Bogor)
Other Titles: The Role of Financing in Improving Business Performance of Agricultural Products Trade (Case Studies: Members of Baytul Ikhtiar Cooperation Bogor Regency).
Authors: Rachmina, Dwi
Dewi, Selly Rosita
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan sektor strategis dan berpotensi menyerap tenaga kerja. Namun, salah satu masalah yang dihadapi UMKM adalah kendala dalam akses pembiayaan. Koperasi Baytul Ikhtiar (KBI) membantu mengatasi permasalahan permodalan UMKM yang memiliki kesulitan akses terhadap lembaga keuangan karena lokasinya yang jauh dari kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana peran pembiayaan KBI dalam meningkatkan kinerja usaha anggota. Sampel penelitian yaitu anggota KBI yang mempunyai usaha perdagangan agribisnis sebanyak 40 orang dari total populasi 536 orang. Indikator kinerja usaha yang digunakan adalah peningkatan modal, tenaga kerja, omset usaha, dan keuntungan usaha. Data yang digunakan adalah data primer mengenai kinerja usaha sebelum dan sesudah pembiayaan sedangkan data sekunder yang sebagian besar bersumber dari KBI. Analisis data dilakukan dengan membandingkan empat indikator kinerja sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan tahun 2015. Pengujian statistik dengan Uji Beda Wilcoxon pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata plafond pembiayaan sebesar Rp2 560 000 dengan rata-rata margin sebesar 25.6 persen yang diangsur selama 50 pekan dalam satu periode. Realisasi pemanfaatan pembiayaan KBI berbeda dengan rencana alokasi pada saat pengajuan, yaitu sebesar 85.74 persen untuk kegiatan usaha sehingga terjadi fungibility of credit sebesar 14.26 persen. Dengan pembiayaan tersebut, kinerja usaha responden meningkat melalui peningkatan modal usaha sebesar 29.9 persen, peningkatan omset sebesar 4.71 persen, dan peningkatan keuntungan sebesar 4.84 persen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126998
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16srd.pdf
  Restricted Access
Full Text21.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.