Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126967
Title: Dampak pendayagunaan zakat produktif terhadap perkembangan usaha mikro sebagai pengurang kemiskinan (studi kasus Rumah Zakat JABOTABEK)
Other Titles: The impact of Zakat Productive for Micro-Business Developmet to Reduce Poverty (Case Study Rumah Zakat JABOTABEK).
Authors: Rindayati, Wiwiek
Ali, Khalifah Muhamad
Amalia, Nydia Novira
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Beberapa permasalahan di Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan kesenjangan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan secara empirik apakah zakat produktif kepada usaha mikro dapat mengurangi kemiskinan. Penelitian ini menggunakan sejumlah alat analisa, yaitu: Uji t berpasangan digunakan untuk mengetahui dampak bantuan dana zakat produktif terhadap omzet pelaku usaha mikro dan metode Ordinary Least Square (OLS) digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya. CIBEST Model untuk mengetahui pergeseran kategori rumah tangga mustahik menurut kuadran CIBEST dan indeks kemiskinan menurut Islam. Analisis logit digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran rumah tangga mustahik dari kategori kuadran miskin menuju kuadran sejahtera. Hasil analisa menunjukan bahwa zakat dapat meningkatkan omzet usaha mikro secara positif dengan faktor-faktor signifikan yaitu modal, usia, dummy jenis usaha, dan dummy kehadiran pembinaan. Serta dapat mengurangi jumlah dan persentase rumah tangga miskin dengan faktor-faktor yang memengaruhi yaitu pendidikan, usia, jumlah tanggungan, pendapatan, dan jenis kelamin.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126967
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16nna1.pdf
  Restricted Access
Full Text20.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.