Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126790
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRistianingrum, Anita-
dc.contributor.authorRahmawati, Dyah-
dc.date.accessioned2023-10-17T23:37:59Z-
dc.date.available2023-10-17T23:37:59Z-
dc.date.issued2011-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126790-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan karakteristik umum pengunjung Kampung Budaya Sindangbarang; 2) Mengkaji tahapan proses pengambilan keputusan pengunjung Kampung Budaya Sindangbarang; 3) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung Kampung Budaya Sindangbarang; dan 4) Menentukan rekomendasi alternatif bauran pemasaran yang dapat diterapkan pada Kampung Budaya Sindangbarang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan pendekatan Judgment Sampling dimana responden diambil berdasarkan pengunjung yang datang ke lokasi penelitian yang telah berusia di atas 17 tahun dan berperan terhadap penentuan keputusan kunjungan. Data dan informasi yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan analisis deskriptif mengenai karakteristik umum pengunjung Kampung Budaya Sindangbarang, pengunjung yang datang adalah rombongan sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (46 persen) yang memilih paket kunjungan sehari/Mulih ka Lembur (85 persen) dan berasal dari daerah Bogor (68 persen). Dalam perilaku pengambilan keputusan, pengunjung menyatakan bahwa motivasi utama berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang adalah untuk mengikuti kegiatan sekolah (45 persen) dengan proses kedatangan secara rombongan (88 persen). Sumber informasi berasal dari teman/keluarga (37 persen) dan fokus pertimbangan untuk memutuskan berkunjung adalah kegiatan selama berwisata (82 persen). Secara keseluruhan pengunjung menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan pengelola Kampung Budaya Sindangbarang (80 persen). Hasil dari analisis tingkat kepuasan pengunjung dengan metode IPA dibagi menjadi empat kuadran. Kuadran I adalah atribut yang kinerjanya dinilai masih kurang oleh pengunjung, tetapi tingkat kepentingannya dinilai tinggi sehingga mendapatkan prioritas utama untuk segera diperbaiki kinerjanya. Atribut-atribut yang termasuk ke dalam kuadran I adalah: 1) kemudahan akses transportasi menuju lokasi; dan 2) fasilitas toilet. Atribut-atribut yang berada di Kuadran II adalah: 1) paket wisata yang ditawarkan; 2) fasilitas musholla; 3) kebersihan dan kenyamanan lokasi; 4) pengetahuan pemandu; 5) ketanggapan pemandu; 6) kemudahan prosedur pelayanan bagi pengunjung; 7) kemudahan menghubungi Kampung Budaya; dan 8) kemampuan pemandu berkomunikasi dengan tamu. Atribut-atribut yang termasuk dalam kuadran III adalah: 1) areal parkir; 2) promosi yang dilakukan; dan 3) papan keterangan dalam kawasan. Atribut-atribut yang terdapat dalam Kuadran IV adalah: 1) harga paket wisata; 2) kerapian pemandu; 3) pelayanan karyawan/pemandu; 4) kesopanan dan keramahan pemandu; 5) penataan lokasi/lay out; serta 6) fasilitas penginapan. Berdasarkan hasil perhitungan nilai CSI didapat nilai CSI sebesar 69,90 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung secara keseluruhan merasa puas terhadap kinerja Kampung Budaya Sindangbarang.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and management - Agribusinessid
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pengunjung dan Implikasinya terhadap Bauran Pemasaran pada Agrowisata Kampung Budaya Sindangbarang Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordJudgment Samplingid
dc.subject.keywordImportance Performance Analysis (IPA)id
dc.subject.keywordSatisfaction analysisid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11dra1.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.