Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126770
Title: Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan dan kinerja hotel syariah (kasus : Hotel Sofyan Inn Srigunting)
Authors: Purnamadewi, Yeti Lis
Romli
Sasprintia, Gresi
Issue Date: 2015
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Dewasa ini, hotel syariah merupakan alternatif bagi para wisatawan atau masyarakat dalam memilih tempat menginap ketika bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Bogor merupakan salah satu kota islami di Indonesia dan kota tujuan wisata. Oleh karena itu, jumlah hotel di Kota Bogor dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Namun demikian, perkembangan hotel syariah di Kota Bogor sangat lambat. Hanya ada dua hotel syariah dari 47 hotel yang ada di Kota Bogor. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan kinerja hotel syariah. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey terhadap konsumen Hotel Syariah (kasus Hotel Sofyan Inn Srigunting) dan hotel konvensional sehingga data utama penelitian adalah data primer yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap sampel konsumen hotel. Sampel penelitian ditentukan dengan metode convenience sampling. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, metode regresi logistik untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi konsumen memilih hotel syariah dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap kinerja hotel syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik hotel Sofyan Inn Srigunting sudah memenuhi persyaratan hotel syariah. Konsumen memutuskan untuk memilih hotel syariah dipengaruhi secara signifikan oleh tiga variabel, yaitu pendapatan, produk dan pendidikan. Variabel pendapatan dan produk berpengaruh positif terhadap pemilihan hotel Syariah oleh konsumen dan sebaliknya dengan variabel pendidikan. Hasil analisis menggunakam metode IPA menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap kinerja hotel syariah adalah sebagai berikut: atribut yang berada pada kuadran I (Prioritas utama) yaitu tarif, atribut yang berada di kuadran II (Pertahankan Prestasi) yaitu produk, lokasi dan pelayanan, dan atribut yang bearada di kuadran III (Prioritas rendah) adalah promosi, serta atribut yang berada di kuadran IV (berlebihan) yaitu proses dan sarana fisik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126770
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H15gsa.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.