Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126762
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHadianto, Adi-
dc.contributor.authorAl Hasyir, Gerry-
dc.date.accessioned2023-10-17T23:23:50Z-
dc.date.available2023-10-17T23:23:50Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126762-
dc.description.abstractJagung adalah komoditi penting setelah padi yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Kabupaten Garut merupakan sentra produksi jagung yang menyumbangkan produksi jagung terbesar di Provinsi Jawa Barat. Namun, produksi yang tinggi akan tidak berarti jika terdapat perbedaan harga yang tinggi antara petani dan konsumen yang dapat menyebabkan rendahnya perolehan yang diterima oleh petani. Tujuan dari penilitian ini adalah: 1) menganalisis lembaga, fungsi dan saluran pemasaran dan 2) menganalisis efisiensi sistem pemasaran jagung melalui pendekatan marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Observasi dan wawancara dilakukan kepada 35 petani dengan purposive sampling dan 13 lembaga dengan metode snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui lembaga, fungsi dan saluran pemasaran jagung di Desa Dangdeur, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 saluran pemasaran jagung yang menjalankan fungsi yang relatif sama.. Saluran III relatif efisien dibandingkan saluran lainnya. Saluran ini merupakan saluran terpendek yang hanya melibatkan pedagang pengumpul kecamatan sebagai lembaga pemasaran dengan harga jual di tingkat petani sebesar Rp 2 600 per kg, marjin pemasaran sebesar Rp 400 per kg, farmer’s share tertinggi sebesar 86.67% dan rasio keuntungan terhadap biaya sebesar 1.23.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and Management-Resources and Environmental Economicid
dc.titleAnalisis pemasaran jagung (Zea mays L.) di sentra produksi Kabupaten Garut (studi kasus: Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordefficiencyid
dc.subject.keywordmaizeid
dc.subject.keywordmarketingid
dc.subject.keywordmarketing channelid
dc.subject.keywordproduction centerid
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H15gah.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.