Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126748
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHarianto-
dc.contributor.authorGunadi, Irfan-
dc.date.accessioned2023-10-17T23:20:05Z-
dc.date.available2023-10-17T23:20:05Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126748-
dc.description.abstractPersaingan antara pasar tradisional dan pasar modern untuk komoditas daging sapi sangat kompetitif di kota besar sepeti DKI Jakarta. Jumlah pasar modern yang lebih banyak membuat konsumen pasar tradisional beralih ke pasar modern. Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan pasar tradisional adalah dengan memahami bagaimana bisnis di area ini bekerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui siapa konsumen daging sapi, bagaimana usaha dilakukan dan evaluasi pendapatan penjual daging sapi di pasar tradisional. Kanvas model bisnis dan rasio penerimaan/biaya dapat menjelaskan tujuan penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Konsumen daging sapi di pasar tradisional DKI Jakarta terbagi menjadi 3 klaster yaitu klaster keluarga, klaster penyelenggara acara dan klaster restoran. Usaha menawarkan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan melalui bantuan personal. Penjual mempunyai dua mitra utama yaitu Rumah Potong Hewan (RPH) dan PD Pasar Jaya. Penerimaan diperoleh dari penjualan has dalam, has luar, daging murni, iga, tetelan, dan tulang. Penjual memperoleh pendapatan atas biaya tunai sebesar RP 214 047 dengan R/C atas biaya tunai 1.02. Sementara pendapatan atas biaya total sebesar Rp 94 461 dengan R/C atas biaya total 1.01.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics Management-Agribusinessid
dc.titleModel Bisnis Penjual Daging Sapi di Pasar Tradisional DKI Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbeefid
dc.subject.keywordmarket segmentationid
dc.subject.keywordthe business model canvasid
dc.subject.keywordthe revenue/cost ratioid
dc.subject.keywordtraditional marketsid
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H15igu1.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.