Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126741
Title: Analisis Formulasi Strategi Perusahaan pada PT HERO Supermarket Tbk
Authors: Sanim, Bunasor
Arsanti, Refi Inda
Issue Date: 2005
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Perdagangan eceran merupakan salah satu jenis perdagangan pada sub -scktor perdagangan besar dan eceran yang saat ini sedang mengalami perkembangan pasar yang pesat. Adapun jenis pemasaran pada perdagangan eceran terbagi menjadi dua yaitu konsep pasar modern dan pasar tradisional. Kelebihan pasar modem, terutama pada jenis supermarket dan hypermarket yang menawarkan konsep one stop shopping yaitu kemudahan untuk berbelanja scmua kebutuhan di satu tempat Penataan produk yang rapi, lokasi yang stratcgis dan terjangkau, ruangan yang bersih dan ber-AC, selain memberikan kenyamanan juga memudahkan konsumen mencari kcbutuhannya dan jugu masalah kcpastian harga. Apalagi belakangan peritel modern saling berlomba-lomba untuk memberikan harga termurah. Tingkut kriminalitas yung semukin meningkat juga ikut mendorong peningkatan minat belanja masyarakat di pasar modern. Potensi sckitar 220 juta pcnduduk dcngan nilai lebih dari Rp. 20 triliun per tahun dari usaha bisnis ritel, menjadikan Indonesia memiliki potensi bagi pelaku bisinis ritel. Oleh karena itu banyak pelaku bisnis rite! dunia yang tcrtarik mcnanamkan invcstasinya di Indonesia, apalagi sejak diberlakukannya perdagangan bcbas di Indonesia. Banyak peritcl asing yang menanamkan investasinya di Indonesia. Kchadiran ritcl asing di Indonesia lebih berdampak mengancam pasar pada pcritcl modern loknl dari pada pasar tradisional. Tcrutama karena segmennya yang relatif sama. lnilah tantangan hagi pcritcl modern lokal terutama HERO. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : I). membcrikan gambaran umum dari sistem pemasaran HERO Supermarket, 2). mengidentifikasi faktor-foktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan saat ini, 3). memformulasikan strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh HERO Supermarket sesuai dcngan kondisi lingkung an perusahaan dan menentukan prioritas stratcgi alternatif HERO Supermarket. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sckundcr. Data primer diperoleh melalui wawancara dan pengisian kucsioncr olch pihak perusah aan. Data primer tersebut kemudian diolah menggunakan Analisis Matriks EFE dan Matriks IFE. Tahap pemaduan dibantu dengan Matriks IE dan Matriks SWOT. Scdangkun untuk prioritas strategi alternarif digunakan malriks QSPM. Data sekunder diperoleh dari laporan-laporan dan literatur yang dimiliki perusahaan, perpustakaan, dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan topik yang dibahas, terutama yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan majalah Pilar Bisnis. Berdasarkan identifikasi lingkungan internal dan ekslernal yang dilakukan terhadap PT HERO Supermarket Tbk., dapat diidentifikasi tiga belas faktor kunci internal yang terbagi atas tujuh kekuatan dan enam kelemahan. Faktor kunci internal yang da pat dikategorikan sebagai kekuatan perusahaan adalah : l ). marjin laba yang diharapkan dapat tercapai, 2). area lokasi outlet yang strategis, 3). aliansi untuk pelayanan, 4). hubungan yang baik dengan pemasok/supplier, 5). struktur permodalan yang kuat dan sehat dengan modal sendiri lebih bcsar dibanding dcngan rinjaman, 6). kerjasama yang baik antara pimpinan dan karyawan, 7). pcncmpatan banmg dalam toko, serta gerai-gerai HERO yang bersih dan nyaman. Sedangkan faktor kunci internal yang diidentifikasikan sebagai kelemahan perusahaan adalah: 1 ). adanya rclayanan yang kurang ramah kepada pelanggan, 2). adanya kinerja individu yang rendah karena kurangnya disiplin, 3). kurangnya pemahaman personil terhadap produk, 4). kinerja pencegahan kerugian (loss prevention) yang kurang efektif 5). adanya kchilangan barang, 6). penetapan harga yang agak tinggi. Hasil identifikasi lingkungan ekstemal terdapat enam faktor yang mcrupakan peluang bagi perusahaan dan lima faktor yang merupakan ancaman bagi pcrusahaan. Faktor kunei ekstemal yang termasuk dalam peluang adalah : 1 ). bertambahnya populasi penduduk, 2). tren belanja masyarakat saat ini, 3). berkembangnya kawasan real estat, 4). tren teknologi saat ini, 5). tingkat perekonomian masyarakat yang semakin tinggi, 6). bertambahnya pusat perbelanjaan (mall) di kota besar. Faktor kunci ekstcrnal yang diidentifikasi sebagai ancaman perusahaan adalah : 1) kebijakan pemerintah yang membuka pintu masuk bagi peritel asing, 2) persaingan yang semakin mcningkat, 3) kondisi ekonomi, politik, dan keamanan yang tidak stabil, 4) stratcgi bersaing harga yang lebih rendah, 5) kenaikan TDL, BBM, telepon dan komponen-komponen lainnya yang menyebabkan biaya operasional tinggi. Berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal, tahap pcmaduan pada PT HERO Supermarket didapatkan dclapan strategi altcrnatif yang harus scgcra diimplementasikan perusahaan, yaitu : I). mempertahankan outlet-outlet yang sudah ada serta meningkatkan kualitas. 2). membuka gerai-gerai baru, 3). menciptakan inovasi baru dalam tata ruang surermarket 4 ). memperbaiki kualitas pelayanan 5 ). meningkatkan kualitas kinerja pencegahabkerugian (loss prevention), 6). memperbaiki sistem pengawasan supermarket, 7). meneruskan kemitraan dan aliansi dengan principal asing, dan 8). menetapkan harga yang lebih kompetitif. Berdasarkan skala prioritas maka dapat diurutkan sebagai berikut : I). mempertahankan outlet-outlet yang sudah ada dan meningkatkan kualitas kincrja outlet, 2). meneruskan kemitraan, aliansi dan kolaborasi dengan principal asing, 3). memperbaiki sistem pengawasan supermarket, 4). memperbaiki kualitas pelayanan, 5). meningkatkan kualitas kinerja pencegah kerugian (loss prevention), 6). menetapkan harga yang lebih kompetitif, 7). menciptakan inovasi baru dalam tata ruang supermarket, 8). membuka gerai baru. Hasil analisis yang dilakukan terhadap PT HERO Supermarket sebagai perusahaan ritel menggambarkan kondisi lingkungan baik internal maupun eksternal yang cukup kondusif dimana perusahaan mampu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk menutupi kelemahan yang ada serta perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan mengantisipasi ancaman yang terjadi dalarn perusahaan. PT HERO Supermarket diharapkan dapat mengimplementasikan ke-8 strategi alternatif yang telah diformulasikan. lmplementasi strategi sebaiknya disertai dengan sasaran-sasaran yang jelas dan batas waktu tertentu pencapaian sasaran-sasaran tersebut.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126741
Appears in Collections:UT - Resources and Environmental Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A05rar.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.