Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126653
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHubeis, H. Musa-
dc.contributor.authorRaharho, Teguh-
dc.date.accessioned2023-10-17T00:37:14Z-
dc.date.available2023-10-17T00:37:14Z-
dc.date.issued2011-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126653-
dc.description.abstractMignon Clothing merupakan sebuah clothing campany yang resmi beroperasi pada tahun 2007 di Bandung, yang berawal dari satu orang yang ingin menuangkan sebuah ide dan kreatifitas dalam sebuah media berupa t-shirt. Penelitian ini bertujuan mengkaji formulasi strategi pengembangan usaha Mignon Clothing, menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh Mignon Clothing, merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha terbaik dengan memperhatikan kondisi lingkungan perusahaan di Mignon Clothing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Serta alat bantu analisis adalah Matriks Faktor Internal (IFE) dan Matriks Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Strengths, Weaknesess, Opportunities and Threats (SWOT) dan Quinatitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari analisis lingkungan internal perusahaan didapatkan bahwa faktor-faktor yang menjadi kekuatan di Mignon Clothing adalah desain produk menarik, mutu produk dapat bersaing, jumlah per item diproduksi terbatas dengan kesan eksklusif dan tidak pasaran, serta kemampuan refreshing produk. Faktor internal yang menjadi kelemahan bagi Mignon Clothing adalah belum dimilikinya visi dan misi yang jelas, modal usaha terbatas dan belum digunakannya sistem komputerisasi. Faktor eksternal yang dapat dijadikan peluang adalah trend penggunaan t-shirt masih tinggi dikalangan masyarakat, isu menggunakan produk dalam negeri, ketersediaan penyedia bahan baku bermutu dan dukungan pemerintah terhadap industri kreatif. Sedangkan faktor eksternal yang dapat menjadi ancaman adalah adanya produk impor yang masuk ke pasaran Indonesia, industri clothing pesaing di wilayah Bandung dan DKI Jakarta, penjiplakan desain dan krisis ekonomi. Mempertahankan konsep desain yang unik merupakan alernatif strategi utama yang dapat dilakukan oleh Mignon Clothing, karena terkait dengan semakin tingginya tingkat persaingan di industri tersebut. Agar posisi perusahaan tetap terjaga perlu dilakukan analisa terhadap kondisi internal dan eksternal lingkungan perusahaan secara berkala, dengan selalu mengikuti perkembangan dan pencarian informasi mengenai industri clothing melalui penelitian dan pengembangan yang dilakukan perusahaan, maupun dengan pihak luar yang bekerjasama dengan perusahaan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomics and management - Managementid
dc.titleFormulasi Strategi Pengembangan Usaha Mignon Clothing, Sukabumiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordSWOT analysisid
dc.subject.keywordQSPM matrixid
dc.subject.keywordIFE matrixid
dc.subject.keywordEFE matrixid
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11tra.pdf
  Restricted Access
Fulltext613 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.