Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126514
Title: Analisis pengaruh denominasi Rp500.000 dan tingkat harga terhadap belanja dengan pendekatan eksperimental ekonomi
Other Titles: Analysis of the Influence of Rp500.000 Denomination and Price Level on Spending Decisions with Experimental Economics Approach.
Authors: Juanda, Bambang
Novitasari, Wita
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi saat ini perlu didukung oleh terjaminnya ketersediaan uang kartal. Meningkatnya kebutuhan uang kartal setiap tahun, membuat uang kartal sampai saat ini masih menjadi pilihan utama alat pembayaran, terutama uang denominasi besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh denominasi Rp500.000 dan tingkat harga terhadap keputusan belanja. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari metode percobaan ekonomi dengan responden 120 mahasiswa. Melalui uji ankova diperoleh hasil bahwa faktor yang signifikan memengaruhi keputusan belanja konsumen adalah faktor tingkat harga dan interaksi antara faktor denominasi dan tingkat harga. Faktor denominasi baru berpengaruh terhadap keputusan belanja ketika sudah berinteraksi dengan faktor lain atau tergantung pada faktor lain. Ketika harga barang tinggi konsumen akan lebih nyaman menggunakan denominasi tinggi dan sebaliknya. Hal itu berarti bahwa Bank Indonesia diharapkan mengalokasikan denominasi besar ke daerah yang harga barangnya relatif tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126514
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16wno.pdf
  Restricted Access
Full Text1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.