Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126509
Title: Analisis pengaruh denominasi Rp200.000, harga dan perencanaan tehadap belanja dengan pendekatan eksperimen
Other Titles: Analysis of Denomination Effect of Rp 200.000, Price and Planning to Spending by Experimental Approach
Authors: Juanda, Bambang
Baeti, Falikhakh Nur
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh denominasi Rp200.000, harga dan perencanaan terhadap belanja konsumen, baik pengaruh masing-masing faktor atau pengaruh interaksi antar faktor. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari 120 responden yang berperan sebagai pelaku ekonomi. Hasil pengamatan melalui analisis covarian menunjukan bahwa dua dari tiga faktor signifikan berpengaruh pada rata-rata total belanja konsumen, yaitu faktor harga dan perencanaan. Pengaruh interaksi antara denominasi dan harga juga memiliki pengaruh yang signifikan. Rata-rata responden lebih besar menggunakan denominasi kecil untuk belanja barang dengan harga rendah, sedangkan untuk harga tinggi rata-rata responden lebih besar menggunakan denominasi besar. Hal ini karena demominasi kecil dinilai lebih efisien untuk belanja dengan harga rendah dari pada harga tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126509
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16fnb.pdf
  Restricted Access
Full Text14.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.