Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126292
Title: Pengaruh gaya pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional terhadap perilaku bullying remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Authors: Latifah, Melly
Hernawati, Neti
Saputri, Luisa Eka
Issue Date: 2010
Abstract: Bullying dianggap sebagai perilaku yang normal terjadi pada remaja, tetapi dapat menimbulkan efek negatif yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan kecerdasan emosional untuk membantu anak mengendalikan emosi yang negatif. Kecerdasan emosional anak dipengaruhi oleh cara orangtua mengasuh anak karena keluarga merupakan tempat pertama seorang anak untuk mempelajari emosi. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis gaya pengasuhan orangtua, kecerdasan emosional, dan perilaku bullying remaja. Secara khusus, penelitian ini bertujuan; (1) mengidentifikasi karakteristik contoh (jenis kelamin, usia, dan urutan dalam keluarga) dan karakteristik keluarga contoh (tingkat pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pendapatan orangtua, dan besar keluarga); (2) mengidentifikasi gaya pengasuhan orangtua, tingkat kecerdasan emosional dan perilaku bullying contoh berdasarkan jenis kelamin; (3) menganalisis hubungan karakteristik contoh dan keluarga dengan gaya pengasuhan orangtua; (4) menganalisis hubungan gaya pengasuhan orangtua dengan kecerdasan emosional contoh; (5) menganalisis hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku bullying contoh; (6) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying contoh. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dan lokasi penelitian dipilih secara purposive. Penelitian dilakukan di SMP Strada Bhakti Utama dan SMP Negeri 235 Jakarta dari bulan Agustus sampai Februari 2010. Contoh dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Pengambilan contoh dilakukan dari suatu populasi siswa di masing-masing sekolah dengan menggunakan metode simple random sampling. Contoh penelitian dihitung menggunakan formula Slovin sehingga jumlah contoh dalam penelitian ini sebanyak 125 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui alat bantu kuesioner yang meliputi, data karakteristik contoh (jenis kelamin, usia, dan urutan dalam keluarga), karakteristik keluarga (tingkat pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, pendapatan orangtua, dan besar keluarga), gaya pengasuhan orangtua, kecerdasan emosional, dan perilaku bullying. Data sekunder diperoleh dari sekolah tempat penelitian yang meliputi jumlah siswa dan profil sekolah. Pengolahan data dengan menggunakan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16.0 for windows. Contoh terdiri dari 52.8 persen laki-laki dan 47.2 persen perempuan. Semua contoh berada pada rentang usia antara 12 sampai 14 tahun dengan rata-rata 13.1 tahun. Sebagian besar contoh berada pada usia 13 tahun (84.0%). Proporsi terbesar urutan contoh dalam keluarga, baik laki-laki maupun perempuan adalah anak sulung (36.0%). Terdapat 33.3 persen contoh laki-laki dan 38.9 persen contoh perempuan yang termasuk pada anak sulung.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126292
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I10les.pdf
  Restricted Access
Fulltext842.33 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.