Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126287
Title: Analisis risiko produksi peternakan Ayam Broiler (studi kasus peternakan milik Bapak Kamal di Desa Silebu, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan Jawa Barat)
Other Titles: Production Risk Analysis on Broiler Farm (Case study broiler farm owned Mr. Kamal in Silebu Village, Pancalang Sub District, Kuningan District, West Java) S
Authors: Suharno
Azizah, Anja
Issue Date: 2016
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Peternakan ayam broiler milik Bapak Kamal menjalankan usaha peternakan melalui hubungan kerjasama kemitraan inti-plasma dengan PT Aretha Nusantara Farm. Meskipun telah menjalin kemitraan inti-plasma, peternakan milik Bapak Kamal tetap menghadapi risiko produksi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sumber-sumber risiko produksi, menganalisis probabilitas sumber-sumber risiko dengan metode z-score, menganalisis dampak sumbersumber risiko dengan metode value at risk, dan menganalisis alternatif strategi sumber-sumber risiko produksi di peternakan milik Bapak Kamal. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis risiko yang terkait dengan tujuan penelitian ini. Sumber risiko yang ditemukan pada produksi ayam broiler adalah kualitas DOC (Day Old Chick) yang buruk, kondisi cuaca, serangan penyakit, dan hama predator. Hasil pemetaan risiko menunjukkan bahwa ada dua jenis strategi manajemen risiko yaitu strategi preventif dan strategi mitigasi. Sumber risiko yang sebaiknya diutamakan dalam melakukan majemen risiko adalah kualitas DOC yang buruk karena merupakan sumber risiko yang memiliki kemungkinan dan dampak paling besar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/126287
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H16aaz.pdf
  Restricted Access
Full Text26.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.