Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125969
Title: Pemanfaatan pembiayaan syariah dan dampaknya terhadap perkembangan usaha dan kesejahteraan rumah tangga umkm (kasus: KSPPS BMT Wihdatul Ummah Kota Bogor)
Other Titles: Utilization of Sharia Financing and Its Impact on Business Development and Welfare of Household MSMEs (Case: KSPPS BMT Wihdatul Ummah, City of Bogor)
Authors: Purnamadewi, Yeti Lis;Romli
Hartati, Ita Sugih
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia juga di Kota Bogor sehingga perkembangan UMKM akan mempengaruhi perkembangan perekonomian wilayah maupun kesejahteraan masyarakat. Lembaga pembiayaan syariah dalam beberapa tahun terakhir berkembang dengan harapan dapat mengatasi masalah permodalan yang secara umum dihadapi oleh UMKM dengan sistem yang diharapkan mampu mengembangkan kinerja UMKM dan kesejahteraan pelaku UMKM dengan lebih baik. Namun demikian, dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan pendapatan perkapita di Kota Bogor cenderung menurun. Dengan demikian tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalis pemanfaatan dan dampak pembiayaan syariah terhadap perkembangan usaha dan kesejahteraan rumah tangga pelaku UMKM. Sumber data utama yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap responden UMKM melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Hasil studi menunjukkan bahwa sebagian besar responden UMKM memaanfaatkan pembiayaan syariah semuanya untuk modal usaha dan lainnya memanfaatkan pembiayaan tersebut untuk usaha dan pendidikan atau konsumsi. Hasil analisis ekonometrik menunjukkan bahwa pembiayaan syariah oleh KSPPS BMT Wihdatul Ummah Kota Bogor memberikan dampak yang positif baik terhadap perkembangan (keuntungan) UMKM maupun kesejahteraan (pendapatan) rumah tangga pelaku UMKM, hanya saja berpengaruh secara siginifikan terhadap kesejahteraan rumah tangga, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125969
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H17ish.pdf
  Restricted Access
Full text1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.