Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125968
Title: Analisis faktor-faktor yang memengaruhi pembiayaan syariah pada sektor agribisnis dan dampaknya terhadap kemiskinan (Studi Kasus: Koperasi Baytul Ikhtiar Bogor Cabang Ciampea)
Other Titles: Analysis of Factors Influencing Sharia Financing on Agribusiness Sector and The Impact to Poverty in Baytul Ikhtiar Cooperative.
Authors: Rindayati, Wiwiek
Husna, Mardiatul
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Institut Pertanian Bogor)
Abstract: Sektor Agribisnis memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional. Masalah utama yang sering dihadapi oleh pelaku sektor ini adalah keterbatasan modal. Koperasi Baytul Ikhtiar merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah non bank yang memberikan kemudahan bagi pelaku sektor agribisnis untuk mendapatkan tambahan modal melalui pembiayaan syariah. Tujuan dari penelitian ini menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi pembiayaan syariah pada sektor agribisnis, dan menganalisis dampak pembiayaan syariah terhadap pendapatan anggota. Metode yang digunakan adalah Ordinary Least Square dan uji-t data berpasangan. Hasil analisis dengan model Ordinary Least Square (OLS) menunjukkan bahwa usia, pengalaman usaha, frekuensi pembiayaan, asset anggota, dan jenis usaha (Dummy) berpengaruh signifikan terhadap besarnya pembiayaan yang diterima. Selanjutnya hasil uji-t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan usaha sebelum dan sesudah diberikan pembiayaan syariah. Sedangkan hasil dari dampak pembiayaan syariah terhadap peningkatan pendapatan usaha perkapita/bulan dapat menurunkan tingkat kemiskinan rumah tangga anggota Koperasi Baytul Ikhtiar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125968
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H17mhu.pdf
  Restricted Access
Full text1.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.