Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125851
Title: Ekspansi Pertambangan Galian C, Pelapisan Sosial, dan Strategi Nafkah Rumah Tangga Petani (Kasus pada Industri Pertambangan Batu di Desa Batujajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor)
Other Titles: Expansion of Mining Sector Type C, Social Stratification, Farmer Household Livelihood Strategies (Case in the Stone Mining Industry in Batujajar Village, Cigudeg District, Bogor Regency)
Authors: Purwandari, Heru
Dharma, Surya
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Ekspansi perusahaan pertambangan di wilayah pedesaan telah menjadi penyebab pada perubahan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan di desa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait dengan aktivitas pertambangan galian C dan dampaknya di Desa Batujajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pelapisan sosial komunitas petani dan strategi nafkah yang dilakukan oleh rumah tangga petani di Desa Batujajar sebagai respon atas dampak ekspansi perusahaan pertambangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner terhadap 50 orang responden serta pendekatan kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pertambangan batu telah berdampak pada perubahan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan di Desa Batujajar. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pelapisan sosial dengan tingkat keragaman bentuk strategi nafkah yang dilakukan oleh rumah tangga petani responden. Kata kunci: pelapisan sosial, pertambangan dan penggalian, rumah tangga petani, strategi nafkah
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125851
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover Final Naskah Skripsi_Surya Dharma_I34190113.pdf
  Restricted Access
Cover1.54 MBAdobe PDFView/Open
Surya Dharma_I34190113.pdf
  Restricted Access
Full Teks3.62 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran Final Naskah Skripsi_Surya Dharma_I34190113.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.