Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125106
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIskandar, Budhi Hascaryo-
dc.contributor.advisorKurniawati, Vita Rumanti-
dc.contributor.authorAmilia, Ariema Rizky-
dc.date.accessioned2023-09-20T23:46:03Z-
dc.date.available2023-09-20T23:46:03Z-
dc.date.issued2011-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125106-
dc.description.abstractSebagian besar kapal perikanan yang beroperasi di Indonesia dibangun secara tradisional, dimana pembangunannya tidak menggunakan perencanaan desain dan konstruksi, serta perhitungan naval architecture. Badan yang berwenang dalam menetapkan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan kapal di Indonesia adalah Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Kapal yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BKI akan mendapatkan sertifikasi layak laut, dengan ketentuan dalam pembangunannya diawasi oleh BKI. Sementara itu, kapal perikanan yang dibangun secara tradisional umumnya tidak dibangun di bawah pengawasan BKI, sehingga kapal tersebut tidak disertifikasi layak laut, sebagai contoh adalah kapal perikanan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Juanda Sidoarjo. Sampai saat ini, belum dilakukan penelitian tentang keragaan teknis kapal-kapal tersebut. Dengan demikian, perlu adanya penelitian mengenai desain dan konstruksi kapal untuk menilai kelaik-lautan kapal-kapal tersebut. Penelitian ditujukan untuk mendokumentasikan desain dan konstruksi kapal, menganalisis kesesuaian konstruksi kapal dengan standar BKI dan mendeskripsikan tahapan pembuatan kapal perikanan di PPI Juanda. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal di PPI Juanda memiliki bentuk double pointed, dengan bentuk badan kapal round flat bottom pada bagian tengah dan ā€Vā€ bottom pada bagian haluan dan buritan. Berdasarkan nilai kisaran yang disampaikan, desain kapal tersebut sudah sesuai dengan jenis alat tangkap yang digunakan (static gear). Selain itu, kesesuaian bagian konstruksi kapal sebagian besar telah memenuhi standar BKI (62,5%). Tahapan utama pembangunan kapal di PPI Juanda, meliputi peletakan lunas, linggi, papan kulit, gading, balok dek, papan dek, dan yang terakhir adalah pengecatan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcFisheries and Marine Sience - Fisheries Resources Utilizationid
dc.titleDesain dan konstruksi kapal penangkap ikan di Sidoarjo (studi kasus salah satu kapal di PPI Juanda)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordDesignid
dc.subject.keywordShip contructionid
dc.subject.keywordShip buildingid
Appears in Collections:UT - Aquatic Resources Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
C11ara1.pdf
  Restricted Access
Fulltext249.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.