Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125060
Title: Pengaruh Paparan Informasi, Pemaknaan Diri, dan Kesadaran Hak Konsumen terhadap Kemandirian Konsumen dan Konsumerisme pada Generasi Y.
Authors: Yuliati, Lilik Noor
Dania
Issue Date: 2018
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Semakin ketatnya persaingan antar-pelaku usaha menyebabkan berbagai kasus kerugian yang dialami konsumen. Untuk itu, kemandirian konsumen dan konsumerisme perlu ditingkatkan untuk mencegah kerugian akibat kejahatan pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumerisme dan kemandirian konsumen pada Generasi Y. Penelitian ini dilakukan melalui survey online dengan 291 responden. Sampel yang dipilih adalah konsumen Indonesia yang berusia 18-36 tahun. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif pada SPSS dan metode SEM dengan program Analysis of Moment Structures (AMOS). Lebih dari setengah responden dalam penelitian ini memiliki kemandirian konsumen kategori sedang dan konsumerisme pada kategori rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif pemaknaan diri independen terhadap kemandirian konsumen dan kesadaran hak konsumen terhadap kemandirian dan konsumerisme.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/125060
Appears in Collections:UT - Family and Consumer Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I18dan.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.