Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124952
Title: Produktivitas lahan dengan Pola Tumpang Sari Selada 'Siomak' (Lactuca sativa L. var. longifolia) Organik di Yayasan Bina Sarana Bhakti, Cisarua, Bogor
Other Titles: Land Productivity on Intercropping of ‘Siomak’ Lettuce (Lactuca sativa L. var. longifolia) Organic at Bina Sarana Bhakti Foundation, Cisarua, Bogor.
Authors: Kurniawati, Ani
Santosa, Edi
Fitriyah, Nadya
Issue Date: 2019
Publisher: Institut Pertanian Bogor
Abstract: Pertanian organik menerapkan pola tanam tumpang sari untuk membuat lingkungan lahan yang sehat. Kegiatan penelitian dilaksanakan di Yayasan Bina Sarana Bhakti, Cisarua, Bogor pada April sampai Juli 2019. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pola tanam tumpang sari selada terhadap pertumbuhan, hasil, dan produktivitas lahan pada produksi selada. Penelitian menggunakan selada varietas selada wangi siomak (Lactuca sativa L. var. longifolia), caisim (Brassica juncea), bawang daun (Allium fistulosum L.), dan jagung manis (Zea mays L. saccharata). Terdapat empat pola penanaman, yaitu selada monokultur (P1), tumpang sari selada dengan caisim (P2), tumpang sari selada dengan bawang daun (P3), dan tumpang sari selada dengan jagung semi (P4). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penanaman selada monokultur memiliki tinggi tanaman terbesar 33.4 cm. Tumpang sari selada dengan bawang daun memberikan hasil yang tinggi pada jumlah daun sebanyak 20 helai dan bobot layak jual sebesar 56.23 gram. Tumpang sari selada dengan jagung semi memberikan hasil yang tinggi pada bobot panen sebesar 82.65 gram dan produktivitas sebesar 4,790 kg ha-1. Tumpang sari selada dengan caisim memberikan hasil terendah pada semua peubah pertumbuhan dan hasil. Tumpang sari selada dengan bawang daun dan jagung semi menghasilkan nilai nisbah kesetaraan lahan >1, yaitu sebesar 1.76 dan 1.20, sehingga penanaman tersebut dapat meningkatkan produktivitas lahan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124952
Appears in Collections:UT - Agronomy and Horticulture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
A19nfi (2).pdf
  Restricted Access
Fulltext4.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.