Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124866
Title: Analisis Efektivitas Iklan Televisi Es Krim Magnum dan Faktor yang Mempengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Es Krim Berdasarkan Karakteristik Pengeluaran (Studi Kasus Mahasiswa Program Diploma IPB).
Authors: Syamsun, Muhammad
Indrawan, R. Dikky
Arca, Rosi
Issue Date: 2011
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Ketatnya persaingan antar produsen es krim mengharuskan produsen es krim Wall’s Magnum untuk membuat strategi promosi yang baik dalam beriklan. Salah satunya dengan menggunakan bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat berupa iklan di media televisi. Namun, anggaran iklan yang lebih besar tidak selalu mampu mengubah penjualan menjadi lebih besar pula. Mengingat besarnya biaya iklan yang dikeluarkan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis efektivitas iklan televisi es krim Wall’s Magnum dalam mengkomunikasikan pesan iklannya kepada konsumen berdasarkan karakteristik pengeluaran dan (2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian es krim berdasarkan karakteristik pengeluaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet, dan media massa. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Diploma Institut Pertanian Bogor yang pernah melihat iklan televisi es krim Wall’s Magnum. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model dan analisis Canonical Correlation dengan bantuan MINITAB 14, SPSS 16.00 for Windows, Ms Excel dan Statistica 8. Berdasarkan hasil analisis Consumer Decision Model diketahui bahwa pesan iklan es krim Wall’s Magnum berpengaruh langsung terhadap variabel-variabel yang diukur pada Consumer Decision Model dari variabel pesan iklan (F) sampai dengan variabel pembelian nyata (P). Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 0 hingga Rp. 599.999, pesan iklan es krim Wall’s Magnum efektif sampai dengan variabel pembelian nyata. Sedangkan pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000, pesan iklan es krim Wall’s Magnum akan efektif dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen untuk membeli es krim Wall’s Magnum apabila pesan iklannya lebih menonjolkan pada pengenalan merek Magnum. Berdasarkan hasil analisis korelasi kanonik didapatkan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp 0 hingga Rp. 599.999 adalah faktor ukuran kemasan, manfaat mengkonsumsi, pengetahuan atribut, kepribadian dan gaya hidup. Pada kelompok konsumen dengan pengeluaran sebesar Rp. 600.000 hingga Rp. 2.500.000 faktor yang mempengaruhi adalah ukuran kemasan, harga, pengetahuan atribut, dan gaya hidup.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124866
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11rar1.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.