Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124858
Title: Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen terhadap Atribut Minyak Goreng Filma (Studi Kasus Kota Bogor)
Authors: Munandar, Jono M.
Hikmah, Riki
Issue Date: 2011
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Series/Report no.: 2011;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik dan proses pengambilan keputusan pelanggan, (2) mengetahui sikap konsumen terhadap atribut minyak goreng, (3) mengetahui bentuk kombinasi atribut produk minyak goreng yang paling disukai konsumen. Tipe data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang yang tersebar di enam wilayah kecamatan Kota Bogor. Data diolah dengan menggunakan software SPSS dan SAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen membeli minyak goreng bermerek untuk menjaga kesehatan, memilih suatu merek karena kualitasnya, konsumen kawatir jika tidak menggunakan minyak goreng bermerek, sumber informasi adalah iklan, kesehatan adalah fokus perhatian pada informasi, bentuk promosi yang disukai adalah potongan harga, iklan membuat konsumen tertarik untuk membeli, harga adalah atribut pertimbangan utama, harga adalah fokus perhatian utama ketika membeli, yang diinginkan adalah minyak goreng bermerek dengan jaminan kualitas dan kesehatan, diri sendiri lah yang mempengaruhi dalam pembelian, biasa membeli minyak goreng di supermarket/hypermarket, membeli tergantung situasi, jika produk tidak ada konsumen mencari produk pengganti, puas dengan minyak goreng Filma, tidak ingin berpindah produk pasca penggunaan, membeli merek yang lebih murah jika minyak goreng Filma mengalami kenaikan harga. Berdasarkan model sikap multiatribut fishbein sikap konsumen terhadap minyak goreng Filma adalah berkategori baik(Ao= +16,82). Bentuk minyak goreng yang disukai konsumaen adalah minyak goreng dengan label halal, tidak menggunakan bahan pengawet, merupakan merek terkenal, dikemas dalam kemasan botol, dijual pada kisaran harga Rp 12.000-14.000, dan sementara untuk kejernihan tidak terlalu berpengaruh antara lebih jernih maupun yang kurang jernih.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124858
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11rhi1.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.