Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124833
Title: Pembuatan Model Ontologi untuk Student Profiling Berdasarkan Faktor Personal, Interpersonal, dan Lingkungan
Authors: Annisa, Annisa
Wibowo, Herdika Shidqi
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Pada jenjang SMA dan perguruan tinggi, siswa diharuskan untuk memilih penjurusan sesuai dengan minat dan bakat siswa. Proses pemilihan ini seringkali membuat siswa merasa kebingungan dalam menentukan pilihan. Berdasarkan hasil penelitian Career Center Network, pada tahun 2017 sebanyak 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan. Tes minat dan bakat seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga tidak setiap siswa dapat mengikutinya. Student profile adalah sekumpulan informasi yang menggambarkan kebutuhan, keinginan, ketertarikan, serta perilaku seorang siswa. Dalam membuat profil tujuan yang luas, profil dapat dibuat dengan memenuhi tujuan tersebut dengan konsep ontologi. Konsep ontologi dapat digunakan untuk menyajikan profil siswa yang dapat dibaca oleh manusia dan dapat dipahami oleh komputer untuk diproses menjadi sistem lanjutan seperti rekomendasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah model ontologi sebagai dasar pembentukan profil siswa dengan mempertimbangkan aspek personal, lingkungan, dan interpersonal. Penelitian berhasil membuat ontologi siswa berdasarkan faktor-faktor penentu jurusan dengan 67 kelas dan 126 properti objek sebagai penghubung antar kelas yang sudah diuji dapat menyimpan pengetahuan yang dapat diakses dan ditambah kembali.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124833
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Herdika-signed-watermarked-cover.pdf
  Restricted Access
Cover512.49 kBAdobe PDFView/Open
G64190020_Herdika Shidqi Wibowo.pdf
  Restricted Access
Fullteks1.76 MBAdobe PDFView/Open
Skripsi Herdika-signed-watermarked-lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran823.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.