Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124790
Title: Pengaruh bentuk dan frekuensi penyajian pesan gizi seimbang melalui folder
Authors: Hubeis, Aida Vitayala S.
Harun, Rochayat
Matindes, Krishnarini
Harahap, Halomoan
Issue Date: 1994
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh bentuk penyajian pesanĀ· positif negatif melalui folder terhadap penambahan pengetahuan dan peru-, bahan sikap, (2) perbedaan pengaruh penyampaian pesan satu kali dan pengulangan melalui folder terhadap penambahan pengetahuan dan perubahan sikap, dan 3) kombinasi yang paling efektif antara empat bentuk pesan dan frekuepsi penyajian pesan melalui folder terhadap penambahan pengeta huan dan perubahan sikap. Untuk mengukur penambahan pengetahuan dan perubahan sikap dipergunakan kuesioner memperhatikan validitas dan reliabilitas. Reliabilitas instr umen pengetahuan adalah 0.88. Reliabilitas instrumen sikap adalah 0.99. Rancangan penelitian ini adalah bersifat "eksperimen" dengan responden siswa kelas III SMA Bintara Depok. Kepada responden diberikan perlakuan membaca folder yang berisi pesan kombinasi positif dan negatif, masing-masing sebanyak satu kali dan dua kali. Data hasil penelitian diolah dengan analisis sidik ragam, uji nilai tengah, dan analisis covarian. Bentuk pesan positif dan negatif tidak mempunyai pengaruh yang berbeda terhada p penambahan pengetahuan dan pengubahan sikap responden. Frekuensi pen ya j ian pesan berulang lebih efektif dari pada penyajian satu kali dalam menambah pengetahuan dan mengubah sikap responden. Kombinasi bentuk pesan positif dan negatif dan frekuensi penyajian satu kali dan berulang, tidak mempunyai pen garuh yang berbeda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa folder gizi seimbang yang dirancang dengan menggunakan bentuk pesan positif dan negatif menunjukkan pengaruh yang sama terhadap penambahan pengetahuan dan pengubahan sikap responden. Frekuensi pen yajian pesan berulang lebih efektif untuk menambah pengetahuan dan mengubah sikap responden terhadap pesan gizi seimbang. Kombinasi bentuk pesan dengan frekuensi penyajian mempunyai pengaruh yang sama terhadap penambahan pengetahuan dan perubahan sikap responden terhadap gizi seimba ng. Akhirnya dapat disarankan, untuk menambah dan mengubah sikap terhadap gizi seimbang dengan mengg unakan folder, penyajian pesan sebaiknya dilakukan berulang. Pengukuran pengubahan sikap responden sebaiknya dilakukan setelah beberapa hari terdedah terhadap folder.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124790
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1994hha2.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.