Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124337
Title: Strategi Pengembangan Bisnis EG Group
Other Titles: Business Development Strategies for EG Group
Authors: Indrawan, Raden Dikky
Ekananta, Arry
Ambarwati, Nurita
Issue Date: 24-Aug-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Populasi di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Besarnya jumlah usia produktif mendorong industri bisnis di Indonesia maupun Jawa Barat terus mengalami perkembangan. Salah satu bisnis yang mengalami perkembangan adalah bisnis dalam industri wedding. EG Group merupakan salah satu wedding vendor di daerah Kota Bogor yang menaungi Kresna Tenda didirikan pada tahun 2000, Kresna Decoration didirikan pada tahun 2008, dan Jeima Bridal didirikan pada tahun 2012. Hingga pada tahun 2020 dimana pada tahun tersebut pandemi Covid-19 melanda dan terdapat penurunan yang sangat signifikan pada setiap unit bisnis, ketiga unit bisnis tersebut bergabung dibawah induk perusahaan yaitu EG Group. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menganalisis model bisnis EG Group saat ini, (2) menganalisis eksternal EG Group secara makro dan mikro, (3) menganalisis internal EG Group berdasarkan lingkungan jauh dan lingkungan industri, (4) merumuskan strategi yang sesuai untuk dapat diterapkan pada EG Group, dan (5) merumuskan arsitektur strategi dari EG Group selama tiga tahun ke depan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan menurut Business Model Ontolgy bahwa (1) actor yaitu CFO serta karyawan EG Group, (2) value proposition memberikan excellent service, melakukan inovasi, serta memberikan jasa/ produk dengan kualitas terbaik, (3) customer yaitu menargetkan konsumen yaitu kosumen market A dan B, kemampuan membeli dengan price range belasan hingga ratusan juta rupiah serta rentang usia 20-35 tahun, (4) channel yaitu direct selling melalui media sosial dan Wedding Expo, (5) relationship yaitu dengan melakukan marketing relationship dengan tujuan mengarahkan pada repurchase jasa EG Group, (6) value configuration yaitu portfolio yang dihadirkan menggunakan katalog serta mengikuti perubahan trend, (7) capability/ key resources yaitu man, material, money, method, dan market, (8) partnership yaitu bekerjasa sama dengan wedding vendor lainnya dalam bidang catering, music band, wedding organizer, gedung pernikahan, dan beberapa wedding vendor lainnya, (9) cost structure (yaitu) sumber daya manusia dan biaya operasional, (10) revenue model yaitu membentuk wedding package dan bersifat fleksibel atas pembayaran dari konsumen kepada EG Group, (11) profit yaitu memiliki target penjualan dengan membangun strategi. Hasil analisis faktor eksternal perusahaan yaitu bahwa faktor strategis eksternal peluang utama yang dimiliki oleh EG Group adalah kebutuhan masyarakat mengadakan pesta pernikahan sedangkan faktor strategis eksternal ancaman adalah perubahan trend pernikahan. Sedangkan hasil analisis faktor internal perusahaan yaitu faktor strategis bahwa kekuatan utama yang dimiliki oleh EG Group adalah merger menghasilkan kolaborasi dalam kebutuhan finansial perusahaan sedangkan faktor strategis kelemahan utama EG Group adalah penggunaan teknologi belum maksimal. Berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan tujuh alternatif strategi pengembangan bisnis EG Group yaitu merger yang dilakukan dengan wedding v organizer dapat meningkatkan efisiensi dan diversifikasi, memanfaatkan modal yang dimiliki untuk meningkatkan branding serta meningkatkan pelayanan dengan memaksimalkan sumber daya manusia, Menambah keragaman jasa/ produk yang berkaitan dengan dekorasi dan wedding attire dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, relasi baik yang dimiliki oleh EG Group dengan berbagai pihak dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan, memaksimalkan kapabilitas sumber daya yang dimiliki untuk bersaing dalam industri wedding, Membentuk team Research & Development untuk berinovasi dalam menghadapi perubahan trend pernikahan, dan memperluas jangkauan usaha hingga ke kota-kota lain di luar Jabodetabek. Hasil perancangan strategi dengan pendekatan arsitektur strategi didapatkan rancangan program-program kegiatan yang didasari dengan strategi alternatif yang akan diimplementasikan kepada EG Group dalam rentang periode waktu lima tahun. Terdapat delapan belas rancangan program kegiatan bertahap dimana proses pengimplementasian terbagi atas lima periode dan lima program kegiatan rutin yang akan diimplementasikan secara rutin.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124337
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nurita Ambarwati K1501211028 Cover Lembar Pengesahan Daftar ISI.pdf
  Restricted Access
Cover1.16 MBAdobe PDFView/Open
Nurita Ambarwati K1501211028 Full Tesis.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.