Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124292
Title: Pengaruh Electronic Word of Mouth, Perceived Quality, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone
Authors: Retnaningsih
Suhendi
Pramana, Trirakha
Issue Date: 22-Aug-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Persaingan bisnis di industri smartphone yang kompetitif menuntut produsen untuk selalu memenangkan keputusan pembelian konsumen. Beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor situasional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh electronic word of mouth, perceived quality, dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone. Metode pengambilan responden menggunakan purposive sampling dengan jumlah 170 orang data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner secara online. Analisis data menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth, perceived quality, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand image memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian. Upaya yang dapat dilakukan perusahaan smartphone untuk dapat bersaing di industri adalah menjaga perceived quality dengan menyesuaikan espektasi konsumen terhadap produk yang dikeluarkan, mengelola reputasi secara proaktif dengan menggunakan electronic word of mouth, secara aktif mengelola brand image yang baik melalui kampanye pemasaran, dan menggunakan influencer marketing.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124292
Appears in Collections:UT - Business



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.