Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123851
Title: | Pengaruh Sosialisasi Akademik dan Kualitas Pertemanan terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah pada Remaja Perdesaan |
Other Titles: | The Influence of Academic Socialization and Friendship Quality on Motivation to Continue School Among Rural Adolescents |
Authors: | Alfiasari, Alfiasari Aprilia, Nurazizah |
Issue Date: | 14-Aug-2023 |
Publisher: | IPB University |
Abstract: | Motivasi yang dimiliki remaja untuk melanjutkan sekolah sangat penting agar remaja mampu meraih cita-citanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik remaja, karakteristik keluarga, sosialisasi akademik orang tua, dan kualitas pertemanan terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada remaja perdesaan. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif pada 116 siswa kelas IX di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Hasil uji deskriptif pada penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi akademik dan kualitas pertemanan remaja perdesaan berada pada kategori rendah, sedangkan motivasi melanjutkan sekolah pada remaja perdesaan berada pada kategori sedang. Hasil uji korelasi juga menunjukkan bahwa sosialisasi akademik dan kualitas pertemanan memiliki hubungan positif signifikan dengan motivasi melanjutkan sekolah pada remaja perdesaan secara keseluruhan. Penelitian ini juga menemukan bahwa sosialisasi akademik dan kualitas pertemanan berpengaruh secara positif terhadap motivasi melanjutkan sekolah pada remaja perdesaan. |
URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123851 |
Appears in Collections: | UT - Family and Consumer Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
COVER_I24190022.pdf Restricted Access | Cover | 343.72 kB | Adobe PDF | View/Open |
FULL_I24190022.pdf Restricted Access | Fullteks | 973.09 kB | Adobe PDF | View/Open |
LAMPIRAN_I24190022.pdf Restricted Access | Lampiran | 217.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.