Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123617
Title: Efektivitas Perlakuan Skarifikasi dan Plasma Fine Bubbles untuk Perbaikan Viabilitas dan Vigor Benih Krasikarpa (Acacia crassicarpa A. Cunn. Ex Benth)
Other Titles: Combination of Scarification and Plasma Fine Bubbles for Viability Improvement and Vigor of Krasikarpa Seeds (Acacia crassicarpa A. Cunn. Ex Benth)
Authors: Purwanto, Yohanes Aris
Sudrajat, Dede Jajat
Widyanti, Salsabila
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Krasikarpa (Acacia crassicarpa A. Cunn. Ex Benth.) adalah salah satu jenis tanaman cepat tumbuh unggulan untuk pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Indonesia karena memiliki peran penting dalam pengembangan industri kayu serat. Jenis ini memiliki manfaat cukup luas, seperti dapat digunakan sebagai naungan, fiksasi nitrogen udara, dan pencegahan erosi. Bagian kayunya dapat dijadikan sumber bahan baku pulp dan kertas, bahan kayu bakar, konstruksi bangunan, mebel dan kapal. Kendala utama budidaya krasikarpa adalah benihnya termasuk ortodok dengan kulit yang keras dan tebal. Meskipun benih ini mampu disimpan dalam kurun waktu yang lama namun viabilitas benih akan semakin menurun karena benih tetap melakukan respirasi selama masa simpan. Salah satu cara untuk meningkatkan perkecambahan pada benih adalah dengan perlakuan skarifikasi dan pemanfaatan teknologi plasma fine bubbles. Penelitian ini bertujuan menganalisis kombinasi perlakuan skarifikasi dan teknologi plasma fine bubbles untuk perbaikan viabilitas dan vigor benih krasikarpa. Rancangan acak lengkap pola faktorial digunakan untuk menguji pengaruh perlakuan skarifikasi benih dengan air suhu 80oC dan dinginkan selama 24 jam, larutan H2SO4 98% selama 15 menit, 20 menit, dan 25 menit dan perlakuan plasma fine bubbles dengan konsentrasi ozon 2 ppmdan 3 ppm selama 5 menit dan 10 menit. Parameter perkecambahan yang diamati adalahdaya berkecambah, kecepatan berkecambah, rata – rata waktu berkecambah, nilai perkecambahan, panjang radikula, panjang hipokotil, panjang keseluruhan kecambah, dan indeks vigor. Hasil penelitian menunjukan kombinasi perlakuan skarifikasi dan plasma fine bubbles memberikan pengaruh nyata pada kecepatan berkecambah, rata – rata waktu berkecambah, nilai perkecambahan, panjang hipokotil, panjang radikula, panjang keseluruhan kecambah, dan indeks vigor. Perlakuan yang paling efektif untuk meningkatkan viabilitas dan vigor terdapat pada kombinasi perlakuan skarifikasi larutan H2SO4 selama 25 menit dengan plasma fine bubbles konsentrasi 3 ppm selama 10 menit dengan nilai daya berkecambah (90,75%), kecepatan berkecambah (20,28%/hari), panjang radikula (6,31 cm), panjang keseluruhan kecambah (12,20 cm), dan indeks vigor (11,07).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123617
Appears in Collections:UT - Agricultural and Biosystem Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover342.24 kBAdobe PDFView/Open
F14190045_Salsabila Widyanti.pdfFullteks1.21 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran641.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.