Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123608
Title: Strategi Komunikasi Inovasi Untuk Keberlanjutan Perikanan Budidaya Pembesaran Ikan Konsumsi Skala Kecil Di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat
Other Titles: Innovation Communication Strategy for the Sustainability of Enlargement Aquaculture for Small-Scale Consumption Fish, in Bogor Regency, West Java Province.
Authors: Muljono, Pudji
Riyantini, Rini
Diatin, Iis
Gandasari, Dyah
Issue Date: 2023
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Komunikasi inovasi diperlukan untuk mewujudkan perubahan perilaku pembudidaya yang berorientasi ekonomi menjadi orientasi sosial dan lingkungan sesuai dengan perubahan kebijakan pembatasan perikanan tangkap menjadi perikanan budidaya. Untuk mewujudkan keberlanjutan pembangunan bidang perikanan memerlukan perubahan perilaku pembudidaya sehingga diperlukan peran komunikasi pembangunan. Keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil dalam memperoleh kesejahteraan (aspek ekonomi), memenuhi kebutuhan masyarakat (aspek sosial) dan memelihara ketersediaan stok secara stabil (aspek lingkungan) harus memiliki daya saing. Daya saing dapat terwujud dengan menggerakkan dan mengorganisasikan seluruh potensi sumber daya produktif dan penguatan teknologi melalui inovasi Cara Budi Daya Ikan yang Baik (CBIB). Pembudidaya perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil dalam mengakses serta implementasi inovasi berbeda, oleh karena itu penelitian ini merumuskan permasalahan bagaimana komunikasi inovasi untuk keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengevaluasi proses dan elemen komunikasi inovasi CBIB, karakteristik, tahap adopsi inovasi, serta status keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil; (2) Menilai pengaruh elemen komunikasi inovasi CBIB terhadap keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil; (3) Menilai pengaruh karakteristik individu terhadap tahap adopsi inovasi pembesaran ikan konsumsi skala kecil; (4) Menilai pengaruh tahap adopsi inovasi terhadap keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil; (5) Merancang model strategi komunikasi inovasi CBIB untuk keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil. Penelitian ini berlandaskan pada kerangka pemikiran komunikasi untuk pembangunan dan perubahan sosial, komunikasi pembangunan partisipatif, strategi komunikasi, secara operasional menggunakan model sosioecological serta konsep konsep komunikasi inovasi, inovasi CBIB, jaringan komunikasi, pembangunan berkelanjutan menjadi landasan konseptual penelitian ini. Model sosioekologis merupakan salah satu model komunikasi perubahan sosial yang berfokus kepada tahap, proses dan tujuan dijadikan sebagai acuan dalam mengevaluasi proses dan elemen komunikasi inovasi, karakteristik, tahap adopsi inovasi serta pengaruhnya terhadap keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran skala kecil. Paradigma pragmatis metode campuran digunakan pada penelitian ini secara sekuensial eksplanatori melalui survey terhadap 114 orang pembudidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di sembilan kecamatan Kabupaten Bogor dengan teknik sampel sensus. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuesioner semi terbuka yang berisi data kuantitatif dan kualitatif, dilakukan melalui wawancara langsung dengan subjek penelitian, observasi ke Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bogor, kelompok pembudidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil serta penelusuran secara online untuk data sekunder. Analisis data tahap pertama dilakukan secara kuantitatif untuk mengevaluasi proses komunikasi dan elemen komunikasi inovasi CBIB, karakteristik, tahap adopsi inovasi pembudidaya serta tingkat keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat menggunakan statistik deskriptif skor rata-rata dari skala 1 sampai dengan 5, distribusi frekuensi dan persentase dengan microsoft excel, analisis jaringan utuh dengan software ucinet 6, dan status keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan rapid appraisal for fisheries (rapfish) versi R Multi Dimentional Scalling (MDS), Monte Carlo dan Leverage. Tahap kedua dilakukan secara kuantitatif untuk mengevaluasi pengaruh elemen komunikasi inovasi CBIB, karakteristik dan tahap adopsi inovasi terhadap keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat menggunakan smartPLS-3. Tahap ketiga secara kualitatif merumuskan strategi komunikasi inovasi CBIB untuk keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa komunikasi inovasi CBIB antarpembudidaya telah dilakukan dengan baik menggunakan tipe komunikasi antarpersonal. Elemen komunikasi yang dominan dari aspek tema pesan adalah inovasi pakan dengan fungsi pesan persuasif, aspek saluran menggunakan saluran media sosial yang bersifat non formal /personal. Pembudidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di Kabupaten Bogor rata-rata berusia dalam rentang 18 sampai dengan 45 tahun, tingkat pendidikan formal lulus Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Sebagian besar pembudidaya pernah mengikuti pelatihan inovasi CBIB secara mandiri, masa pengalaman budidaya 2 sampai dengan 11 tahun, status lahan budidaya rata-rata sudah hak milik. Aspek komunikator ditemukan pembudidaya yang memiliki tingkatan sentralitas tinggi dan sentralitas kedekatan sebagai sumber informasi dan narahubung antarpembudidaya dalam jaringan komunikasi. Tahap adopsi inovasi pembudidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil berada pada tahap pemahaman yang artinya penguasaan terhadap permasalahan budidaya serta cara untuk mengantisipasinya sudah baik. Keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil di Kabupaten Bogor memiliki nilai status cukup berkelanjutan secara lingkungan, sosioteritorial serta ekonomi. Indikator sensitifitas yang dapat menjadi faktor pengungkit status keberlanjutan yang ditemukan adalah efektifitas produksi, keuntungan penjualan yang menjadi faktor penghambat, kepemilikan modal sebagai faktor pendorong keberlanjutan ekonomi, tren usaha budidaya, kualitas pekerjaan dan kesehatan serta kondisi kerja sebagai faktor pendorong keberlanjutan sosioteritorial, produksi ikan di tambak, peran lembaga kebersihan dan kesehatan sebagai faktor penghambat, serta pengelolaan kebersihan air, indeks konversi lahan sebagai faktor pendorong keberlanjutan lingkungan. Elemen komunikasi inovasi yang berdampak terhadap keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil secara langsung adalah tema inovasi terhadap keberlanjutan ekonomi; fungsi pesan terhadap keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan; jenis saluran terhadap keberlanjutan ekonomi, lingkungan dan tahap adopsi inovasi; tingkatan sentralitas terhadap keberlanjutan ekonomi dan sosioteritoria; serta tahap adopsi inovasi terhadap keberlanjutan sosioteritorial; sedangkan karakteristik pembudidaya tidak memiliki dampak terhadap tahap adopsi inovasi pembudidaya. Model strategi komunikasi inovasi untuk keberlanjutan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat adalah strategi komunikasi pemberdayaan kelompok pembudidaya ikan berbasis jaringan komunikasi dengan penggunaan pesan persuasif menggunakan media sosial dengan melibatkan kemitraan lembaga permodalan, koperasi dan BUMDES serta unit pelaksana teknis terkait untuk keberlanjutan ekonomi, sosioteritorial dan lingkungan perikanan budidaya pembesaran ikan konsumsi skala kecil Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.
Innovation communication is needed to realize changes in the behavior of farmers who are economically oriented to social and environmental orientation in accordance with changes in the policy of limiting capture fisheries to aquaculture. To achieve sustainable development in the fisheries sector requires changes in the behavior of cultivators so that the role of development communication is needed. Sustainability of aquaculture aquaculture for small-scale fish consumption in obtaining welfare (economic aspect), meeting community needs (social aspect) and maintaining stable stock availability (environmental aspect) must have competitiveness. Competitiveness can be realized by mobilizing and organizing all potential productive resources and strengthening technology through innovations in Good Fish Cultivation Methods (CBIB). Small-scale consumption fish farming aquaculture cultivators in accessing and implementing innovations are different, therefore this research formulates the problem of how to communicate innovation for the sustainability of small-scale consumption fish farming aquaculture. This study aims to: (1) evaluate the processes and elements of innovation communication, characteristics, stages of innovation adoption, as well as the sustainability status of small-scale consumption aquaculture aquaculture; (2) Assessing the effect of innovation communication elements on the sustainability of small-scale consumption fish farming aquaculture; (3) Assessing the effect of individual characteristics on the adoption stage of small-scale fish farming innovations; (4) Assessing the effect of the innovation adoption stage on the sustainability of small-scale consumption fish farming aquaculture; (5) Designing an innovation communication strategy model for the sustainability of small-scale consumption aquaculture aquaculture. This research is based on the framework of communication for development and social change, participatory development communication, operational communication strategies using socioecological models and the concepts of innovation communication, CBIB innovation, communication networks, sustainable development are the conceptual basis of this research. The socioecological model is a social change communication model that focuses on stages, processes and objectives used as a reference in evaluating processes and elements of innovation communication, characteristics, stages of innovation adoption and their impact on the sustainability of small-scale aquaculture. The pragmatic paradigm of mixed methods was used in this study explanatory sequentially through a survey of 114 small-scale consumption fish cultivators in nine sub-districts of Bogor Regency using a census sampling technique. The primary data collection technique used a semi-open questionnaire containing quantitative and qualitative data, carried out through direct interviews with research subjects, observations at the Bogor District Fisheries and Livestock Service (Disnakan), groups of small-scale consumption fish growers and online searches for secondary data. The first stage of data analysis was carried out quantitatively to evaluate the communication process and communication elements of CBIB innovation, characteristics, stages of cultivator innovation adoption and the level of economic, socio-territorial and environmental sustainability of small-scale consumption fish farming in Bogor Regency, West Java Province using score descriptive statistics average from scale 1 to 5, frequency distribution and percentage with Microsoft Excel, full network analysis with ucinet 6 software, and status of economic, socio territorial and environmental sustainability of small-scale consumption fish farming in Bogor Regency, West Java Province with rapid appraisal for fisheries (rapfish) version of R Multi-Dimensional Scalling (MDS), Monte Carlo and Leverage. The second stage was carried out quantitatively to evaluate the influence of CBIB innovation communication elements, characteristics and stages of innovation adoption on the economic, socio-territorial and environmental sustainability of small-scale consumable aquaculture aquaculture in Bogor District, West Java Province using smartPLS-3. The third stage qualitatively formulates a CBIB innovation communication strategy for economic, socio-territorial and environmental sustainability of small-scale consumption aquaculture aquaculture, Bogor Regency, West Java Province. The research findings showed that CBIB innovation communication between cultivators has been carried out well with the interpersonal communication type. The dominant communication elements from the message theme aspect are the feed innovation theme with a persuasive message function, the channel aspect uses social media channels that are non-formal/personal in nature. Small-scale consumption fish cultivators in Bogor Regency have an average age of 18 to 45 years, with a formal education level of elementary school and junior high school. Most of the cultivators have attended CBIB innovation training independently, the cultivation experience is 2 to 11 years, the average status of cultivated land is private property. The communicator aspect is found by cultivators who have a high degree of centrality and closeness centrality as a source of information and a link between cultivators in a communication network. The adoption stage of small-scale consumable fish cultivator innovations is at the understanding stage, which means that the mastery of cultivation problems and the ways to anticipate them are good. The economically, socio-territorially and environmentally sustainability of small-scale consumption fish farming in Bogor Regency has a quite sustainable status value. Sensitivity indicators that can be a lever factor for sustainability status found are production effectiveness, sales profits which are inhibiting factors, capital ownership as a driving factor for economic sustainability, aquaculture business trends, quality of employment and health and working conditions as factors driving socio-territorial sustainability, fish production in ponds, the role of hygiene and health institutions as inhibiting factors, as well as management of water hygiene, land conversion index as a driving factor for environmental sustainability. The elements of innovation communication that have an impact on the sustainability of aquaculture aquaculture for small-scale consumption of fish directly are the theme of innovation on economic sustainability, the message function on economic, socio-territorial and environmental sustainability, the type of channel on economic sustainability, the environment and the stage of innovation adoption, the level of centrality towards economic and socio-territorial sustainability as well as the innovation adoption stage on socio-territorial sustainability, while cultivator characteristics have no impact on the innovation adoption stage of cultivators. The innovation communication strategy for the sustainability of small-scale consumable growing aquaculture fisheries in Bogor Regency, West Java Province is a communication strategy for empowering fish cultivator groups based on communication networks by using persuasive messages using social media by involving partnerships with capital institutions, cooperatives and BUMDES as well as related technical implementing units for sustainability economic, socio-territorial and environmental fisheries for growing small-scale consumption fish, Bogor Regency, West Java Province.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123608
Appears in Collections:DT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Disertasi Revisi SKL Rini Perpust.pdf
  Restricted Access
fulteks4.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.