Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123083
Title: Determinasi Lokasi Potensial Pengembangan Transit Oriented Development (TOD) Pada Titik Transit Trase BRT Trans Kota Semarang.
Authors: Mulyanto, Budi
Hidayat, Janthy Trilusianthy
Kamila, Noor Annisa
Issue Date: 2023
Abstract: Penerapan sistem Bus Rapid Transit (BRT) pada Kota Semarang bertujuan untuk mendukung meminimalisir pegerakan arus lalu lintas dan rencana peningkatan dan integrasi antaran pelayanan moda transportasi dengan penggunaan lahan yang disebutkan pada Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 14 Tahun 2011 tentang RTRW Kota Semarang Tahun 2011-2031. Menemu-kembangkan konsep Transit Oriented Development (TOD) pada sistem BRT Trans Semarang diharapkan dapat mendukung secara optimal terintegrasi antara pergerakan masyarakat dengan fungsi dan aktivitas guna lahan. Oleh Karena itu, diperlukan penentuan dimana lokasi transit yang optimal dan efektif untuk memudahkan melayani pergerakan masyarakat menuju pusat kegiatan dengan pelayanan fasilitas memadahi. Tujuan penelitian ini adalah menyusun arahan rekomendasi lokasi potensial pengembangan konsep TOD pada 16 titik transit awal dan akhir koridor BRT Trans Semarang. Tahapan analisis yang dilakukan yaitu mengidentifikasi kesesuaian karakteristik lokasi transit koridor BRT Trans Semarang berdasarkan kriteria TOD, mengidentifikasi pengembangan kawasan TOD berdasarkan tipologi lokasi transit dalam kriteria teknis pengembangan kawasan TOD Peraturan Menteri ATR/BPN No 16 Tahun 2017, dan menganalisis tingkat pengaruh karakteristik kesesuaian lokasi titik transit dan karakteristik pergerakan pengguna BRT Trans Semarang. Berdasarkan hasil analisis, Titik transit yang sudah sangat mendekati kesesuaian karakteristik dan memiliki potensi tinggi untuk pengembangan konsep TOD dengan tingkat persentase tertinggi yaitu Halte Stasiun Tawang kesesuaian 87%, Halte Simpang Lima 80%, dan Halte Pemuda/Balaikota 73%. Titik transit yang tidak mendekati kesesuaian karakteristik dan memiliki potensi rendah pengembangan konsep TOD dengan tingkat persentase terendah yaitu Halte Terminal Bandara Ahmad Yani kesesuaian terendah 33%. Rata-rata karakteristik pengguna BRT masih berusia produktif 17 - 45 tahun dengan aktivitas bekerja. Jumlah intensitas pergerakan pengguna BRT pada kondisi sosial ekonomi dipengaruhi oleh faktor kenyamanan, keamanan, jarak dan waktu tempuh, jangkauan menuju titik transit, fasilitas penunjang titik transit. Bangkitan pengguna BRT tertinggi pada persebaran titik transit dipengaruhi oleh dominasi kawasan permukiman, pendidikan, perkantoran, serta pusat kota. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, karakteristik penggunaan lahan, dan karakteristik desain kawasan memiliki 73,3% pengaruh terhadap karakteristik pergerakan pada pengguna BRT Trans Semarang. Arahan rekomendasi lokasi potensial pengembangan konsep TOD pada koridor BRT Trans Semarang berdasarkan tipe skala pelayanan dan tipologi wilayah berdasarkan tingkat kesesuaian karakteristik pengembangan konsep TOD, titik transit untuk pengembangan konsep TOD Kota yaitu Halte Stasiun Tawang, Halte Simpang Lima, dan Halte Pemuda/Balaikota. Titik transit untuk pengembangan konsep TOD Sub Kota yaitu Halte Alun-Alun Ungaran, Halte Terminal Ungaran Sisemut, Halte BRT Elisabeth, Halte Terminal Terboyo, Halte UNNES, dan Halte Meteseh Viktoria Residence. Titik transit yang memiliki tingkat potensi rendah untuk pengembangan konsep TOD Lingkungan yaitu Halte Terminal Penggaron, Halte Terminal Mangkang, Halte Terminal UNDIP, Halte Pelabuhan Tanjung Mas Halte Marina Terang Bangsa, Halte Terminal Cangkiran, dan Halte Terminal Bandara Ahmad Yani.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123083
Appears in Collections:MT - Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_NOOR ANNISA KAMILA..pdf
  Restricted Access
Cover431.09 kBAdobe PDFView/Open
NOOR ANNISA KAMILA.pdf
  Restricted Access
Fulltext15.43 MBAdobe PDFView/Open
Lampiranr_NOOR ANNISA KAMILA.pdf
  Restricted Access
Lampiran745.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.