Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123056
Title: Analisis Rantai Pasok Beras Organik di Sumatera Barat
Authors: Adhi, Andriyono Kilat
Suwarsinah, Heny Kuswanti
Mardalisa M, Julia
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Beras organik merupakan komoditas organik yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun terjadi peningkatan jumlah pertanian organik pada lima tahun terakhir namun tidak diimbangi dengan pengembangan pasar untuk produk organik tersebut, disamping itu juga hasil pertanian padi organik belum sepenuhnya diserap sebagai produk akhir organik, dan masih banyak produk padi organik yang dijual sama dengan produk konvensional. Permasalahan harga produk organik ini tidak menguntungkan bagi petani organik menimbang bahwa pertanian organik menyebabkan petani lebih banyak mencurahkan waktu untuk budidaya dibandingkan pertanian konvensional. Secara nasional, Sumatera Barat merupakan daerah dengan luas lahan padi organik tiga terbesar dengan pusat produksi berada di Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk mendistribusikan beras organik hingga ke konsumen akhir, diperlukan banyak pihak yang terlibat seperti petani, pedagang, industri pengolahan dan lainnya sehingga penting untuk menjaga kualitas dan stabilitas harga agar tidak merugikan petani dan konsumen. Perlu adanya efisiensi di dalam rantai pasok sehingga di dalam pelaksanaannya rantai pasok pemasaran lebih optimal dalam mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen begitu juga dengan konsumen lebih mudah mendapatkan produk dari produsen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi rantai pasok beras organik menggunakan kerangka Food Supply Chain Network (FSCN), menganalisis kinerja rantai pasok dan menganalisis aktivitas-aktivitas nilai tambah yang dilakukan oleh pelaku rantai pasok beras organik di Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan kondisi rantai pasok beras organik di Sumatera Barat belum berjalan secara optimal. Untuk sasaran pasar belum memiliki kriteria konsumen yang jelas sehingga tidak semua produk yang dihasilkan oleh petani diserap oleh pasar organik. Pedagang besar dan petani bandar yang berperan sebagai pengolah atau penggilingan tidak melakukan grading secara khusus. Sasaran pengembangan produk beras organik di Sumatera Barat lebih berfokus pada penciptaan kerjasama dan penggunaan teknologi yang mampu meningkatkan kinerja pemasaran beras organik. Kesepakatan yang terjadi antara anggota rantai pasok pada umumnya adalah tidak tertulis atau informal, hanya anggota rantai pasok yang berhubungan dengan supermarket yang memiliki kontrak perdagangan. Dukungan pemerintah hingga saat ini hanya berfokus pada pengembangan luasan lahan organik dan pengembangan pertanian organik di Sumatera Barat dengan dilakukannya program insentif untuk meningkatkan minat dan motivasi petani agar beralih menggunakan teknologi organik namun tidak diiringi dengan menciptakan pasar untuk produk organik yang dihasilkan petani. Sumberdaya rantai pasok beras organik cukup untuk mendukung budidaya organik seperti tersedianya Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) yang dimiliki oleh masing-masing kelompok atau GAPOKTAN dan RMU dan gudang penyimpanan khusus organik. Dalam proses bisnis rantai pasok hanya terjadi dua siklus yaitu procurement dan customer order. Pengukuran kinerja rantai pasok menggunakan analisis efisiensi pemasaran menunjukan kinerja rantai pasok belum optimal, secara keselurah nilai rasio biaya dan keuntungan disetiap saluran pemasaran memiliki nilai rasio yang rendah kurang dari 1 meskipun marjin pemasaran bernilai cukup tinggi. Analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan distribusi nilai tambah pada jaringan rantai pasok beras organik dan semakin pendek rantai maka akan memperoleh pembagian dan persentase nilai tambah yang lebih besar pada tiap anggotanya.
Organic rice is the most widely consumed organic commodity by the public. Although there has been an increase in organic farms in the last five years, it has yet to be matched by market development for these organic products. In addition, organic rice farming products have yet to be fully absorbed as organic products, and organic rice is still sold the same as conventional products. Organic product prices are unfavourable for organic farmers, considering that organic farming causes farmers to devote more time to cultivation than conventional farming. West Sumatra is the region with the third largest organic rice land area, with the production centre located in Limapuluh Kota Regency. In the organic rice supply chain, many parties are involved, such as farmers, traders, processing industries and others, so it is essential to maintain quality and price stability to not disadvantage farmers and consumers. It is necessary to have efficiency in the supply chain so that in its implementation, the marketing supply chain is more optimal in distributing products from producers to consumers, and consumers more easily get products from producers. This study aims to analyze the condition of the organic rice supply chain using the Food Supply Chain Network (FSCN) framework, analyze the supply chain performance and the value-added activities carried out by organic rice supply chain members in West Sumatra. The results showed that the condition of the organic rice supply chain in West Sumatra needed to run optimally. The target market does not have clear consumer criteria, so not all products produced by farmers are absorbed by the organic market. Wholesalers and smallholders who act as processors or millers do not do special grading. The target of developing organic rice products in West Sumatra focuses more on creating cooperation and using technology that can improve the marketing performance of organic rice. The agreements that occur between supply chain members are informal. Only supply chain members who deal with supermarkets have trade contracts. Government support has only focused on developing organic land areas and organic agriculture in West Sumatra with incentive programs to increase farmers' interest and motivation to switch to using organic technology but not accompanied by creating a market for organic products produced by farmers. Organic rice supply chain resources are sufficient to support organic cultivation, such as the availability of Organic Fertilizer Processing Units (UPPO) owned by each group or GAPOKTAN and Rice Milling Unit (RMU) and special organic storage warehouses. In the supply chain business process, procurement and customer orders occur only two cycles. Measurement of supply chain performance using marketing efficiency analysis shows that the performance of the supply chain could be more optimal. The overall value of the ratio of costs and profits in each marketing channel has a low ratio value of less than one, even though the marketing margin is relatively high. The analysis shows differences in the distribution of added value in the organic rice supply chain network. The shorter the chain, the greater the distribution and percentage of added value to each member.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/123056
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover, Lembar Pengesahan, Prakata, Daftar Isi.pdf
  Restricted Access
Cover2.58 MBAdobe PDFView/Open
H351190131_Julia Mardalisa M.pdf
  Restricted Access
Full Text4.32 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.