Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122414
Title: Model liniar terampat untuk analisis data preferensi: suatu alternatif pendekatan statistika dalam riset pemasaran
Authors: Notodipuro, Khairil Anwar
Barizi
Wagiono, Yayah K
Wijayanto, Hari
Issue Date: 1994
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Analisis data preferensi seringkali dilakukan dalam bidang riset pemasaran. Salah satu bentuk analisis ini adalah pendugaan kurva sensitivitas harga, Kurva sensitivitas harga sangat diperlukan dalam strategi penetapan harga, Salah satu metode untuk menduga kurva sensitivitas harga diberikan oleh Huisman (1991), Kelemahan metode yang digunakan oleh Huisman tersebut antara lain: sifat k etakbiasan dugaannya tidak diketahui, ragam penduganya sulit ditentukan, faktor interaksi sulit masuk ke dalam model, masih dihadapkan pada masalah penskoran, dan proses komputasinya membutuhkan waktu yang lama. Metode lain yang di tawarkan sebagai al ternati f pendugaan kurva sensi ti vi tas harga dalam studi ini adalah model linear terampat (Generalized Linear Models atau GLM), GLM berbasis pada metode kemungkinan maksimum yang sifat dugaannya diketahui dan · memiliki ragam minimum. Pada GLM, faktor interaksi mudah dimasukkan ke dalam model dan kita tidak dihadapkan pada masalah penskoran. Potensi GLM u:ntu:k pendugaan kurva. sensitivi ta.s harga ditelaah di dalam studi ini. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122414
Appears in Collections:MT - Mathematics and Natural Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1994hwi.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.