Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122135
Title: Evaluasi generasi F6 dan F7 hasil persilangan kedelai mutan m11 x m13
Authors: Guhardja, Edi
Jusuf, Muhammad
Haitana, Alex
Setiawan, Asep
Issue Date: 1993
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk menilai galur-galur turunan hasil persilangan mll x m13 yang memiliki produksi lebih tinggi dari Wilis, menilai pengaruh seleksi bardasar bobot biji/tanaman pada generasi lanjut, menilai korelasi genotipe dan fenotipe antar sifat, serta menilai keragaman dan dugaan heritab ilitas sifat kecepatan masak panen dari saat masak fisiologis (R7-R8). Uji dayahasil generasi F6 dan F7 dilakukan pada lokasi yang sama yaitu kebun percobaan IPB di Sawah baru Darmaga Begor. Pertanaman F6 dilakukan pada bulan Januari 1991 hingga April 1991 sedangkan pertanaman F7 dari bulan Juli 1991 hingga Oktober 1991. Uji dayahasil generasi F6 dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok 3 ulangan. Pada uji daya hasil ini selain tujuh galur bulk yang diuji ditanam juga varietas Wilis, m11, dan ml3 sebagai pembanding. Pertanaman F7 dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok tersarang 2 ulangan. tersarang dalam galur bulk. Nomor Nomor dalam hal ini dibentuk dengan cara menanam benih dari satu tanaman F6 menjadi satu baris pada F7. Satu galur bulk pada F7 tersusun atas 55 nomor. Pertanaman F7 dibedakan menjadi dua populasi yaitu populasi F7 terseleksi dan populasi F7 acak. Populasi F7 terseleksi adalah populasi yang berasal dari tanaman F6 yang memiliki bobot biji/tanaman lebih dari 20 gram, sedangkan populasi F7 acak berasal dari tanaman F6 yang diambil secara acak. ...
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122135
Appears in Collections:MT - Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1993ASE.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.