Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/121654
Title: Pemanfaatan Metode PCA dalam Analisis Sidik Jari dan Uji Kandungan Andrografolid Tanaman Gandarusa (Justicia gendarussa Burm. F.).
Other Titles: Pemanfaatan Metode PCA dalam Analisis Sidik Jari dan Uji Kandungan Andrografolid Tanaman Gandarusa (Justicia gendarussa Burm. F.).
Authors: Husnawati
Andrianto, Dimas
Swanten, Rr. Ike Rachmania
Issue Date: 2019
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Gandarusa (Justicia gendarussa Burm. F.) merupakan tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional karena mengandung senyawa metabolit sekunder. Proses pembentukan senyawa metabolit sekunder dipengaruhi oleh faktor ketinggian, suhu, kelembapan, tekanan udara, gravitasi, curah hujan, dan komponen tanah. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis metode optimal, sidik jari, dan kandungan andrografolid tanaman gandarusa menggunakan HPLC. Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum analisis gandarusa yaitu panjang gelombang 254 nm, sistem gradien metanol:akuabides, laju alir 2 mL/menit, waktu operasi 35 menit, dan volume injeksi 20 μL. Hasil analisis sidikjari gandarusa terbagi menjadi 2 klaster, klaster 1 terdiri atas seluruh sampel asal NTB, NTT, Kalimantan, Maluku, dan Papua Barat kecuali Marai NTT yang tegolong kedalam klaster 2. Kandungan andrografolid tertinggi pada gandarusa berada di Marai NTT sebanyak 3886.07 μg/g ekstrak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/121654
Appears in Collections:UT - Biochemistry

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G19rir.pdf
  Restricted Access
Fulltext13.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.