Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120115
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHubeis, Musa-
dc.contributor.advisorPalupi, Nurheni Sri-
dc.contributor.authorLubis, Mula Tua-
dc.date.accessioned2023-06-23T08:50:21Z-
dc.date.available2023-06-23T08:50:21Z-
dc.date.issued2004-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120115-
dc.description.abstractTujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja Salon Kecantikan XYZ ditinjau dari kesenjangan antara jasa yang diberikan dengan jasa yang diharapkan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melakukan survei secara langsung dengan alat bantu kuesioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan yang merupakan fungsi dari harapan pelanggan dan kinerja perusahaan. Untuk mengetahui tingkat harapan pelanggan dan kinerja perusahaan, pertama-tama dikembangkan 20 atribut layanan yang mewakili kebutuhan pelanggan terhadap salon kecantikan dan selanjutnya data penilaian kepentingan dan kinerja terhadap 20 atribut tersebut dikumpulkan dengan cara mengambil contoh secara purposif 50 responden. Berdasarkan data yang diperoleh, dilakukan uji statistik Wilcoxon signed ranks untuk mengetahui apakah kinerja sesuai dengan harapan dan analisa importanceperformance untuk mengetahui atribut-atribut mana yang perlu mendapat prioritas perbaikan. Dari uji statistik itu diketahui bahwa terjadi kesenjangan antara harapan pelanggan dengan kinerja perusahaan pada 17 atribut, dan terdapat 3 atribut harapan sesuai dengan kinerja yaitu petugas (1) berusaha mengenal pelanggan yang sering melakukan transaksi dan memberikan perhatian secara individu kepada pelanggan; (2) kemudahan mencapai lokasi; dan (3) kesediaan fasilitas parkir yang memadai). Analisa importance-performance, menunjukkan 2 atribut menjadi prioritas utama untuk perbaikan yaitu (1) petugas pelayanan memberikan pelayanan dan infonnasi dengan sikap yang ramah dan sopan; dan (2) kelengkapan, kesiapan, dan kebersihan alat-alat yang dipakai.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan pelanggan pada usaha jasa salon kecantikan XYZid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordCostomer serviceid
dc.subject.keywordMarketingid
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2004mtl.pdf
  Restricted Access
Fullteks18.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.