Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120086
Title: Perubahan Tata Kelola Ekowisata di Kawasan Konservasi dan Dapamknya pada Tingkat Partisipasi Masyarakat (Studi Kasus: Area Ekowisata Curug Nangka dan Hutan Pinus Kalimati di Taman Nasional Gunung Halimun Salak)
Other Titles: Change in Ecotourism Governance in Conservation Areas and Their Impact on Community Participation Level (Case Study: Curug Nangka Ecotourism Area and Hutan Pinus Kalimati in the Halimun Salak National Park)
Authors: Shohibuddin, Mohamad
Kusumasuti, Gayatri
Issue Date: 2023
Publisher: IPB University
Abstract: Pengembangan ekowisata dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan ekosistem hutan. Namun, jika terjadi perubahan tata kelola pada kawasan ekowisata, tentu ia berdampak pada perubahan kebijakan, relasi antar aktor dan memengaruhi kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejarah perubahan tata kelola dan perubahan partisipasi masyarakat di Kawasan Curug Nangka. Penelitian ini menggunakan metode mixed-method secara bertahap. Penelitian kualitatif dilakukan terlebih dahulu melalui observasi dan wawancara mendalam dengan informan kunci. Kemudian, dilakukan penelitian kuantitatif melalui wawancara survei kepada 32 responden. Data kuantitatif ini kemudian diolah menggunakan uji Kruskal-wallis dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara rezim tata kelola di bawah Perhutani, Balai Taman Nasional dan Swasta pada penerapan aspek legitimacy, voice and direction. Penelitian mengenai tingkat partisipasi masyarakat sebagai mitra menunjukkan adanya perbedaan partisipasi pada tahap penerimaan manfaat dan evaluasi. Hasil uji beda di bawah rezim tata kelola Swasta terkait partisipasi antara mitra dan pegawai menunjukkan perbedaan pada tahap penerimaan manfaat dan evaluasi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120086
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I34180065_Gayatri K.pdf
  Restricted Access
Fulltext19.27 MBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover178.37 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran2.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.