Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120050
Title: Keputusan Pembelian dan Preferensi Konsumen Generasi Millennial dan Zoomer pada Kedai Kopi di Kota Madiun
Other Titles: Millennial and Zoomer Generation Consumers’ Purchasing Decisions and Preferences at Coffee Shops in Madiun City
Authors: Muflikh, Yanti Nuraeni
Zamborita, Depicha Zambustya
Issue Date: Jun-2023
Publisher: IPB University
Abstract: Perkembangan zaman melahirkan generasi baru dengan preferensi minuman kopi yang diduga berbeda dari generasi sebelumnya. Ketersediaan pilihan kedai kopi telah memperluas alternatif yang dapat dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian. Sebagai salah satu kedai kopi, IKIO Coffee dapat melakukan segmentasi pasar berdasarkan karakteristik tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan karakteristik konsumen generasi Millennial dan Zoomer serta melakukan segmentasi konsumen berdasarkan karakteristik demografis, perilaku, dan psikografis dalam pembelian minuman kopi di kedai-kedai kopi di Kota Madiun. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 180 responden pada periode April - Juli 2022. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik judgmental sampling dengan kriteria kelompok usia. Analisis yang dilakukan meliputi analisis deskriptif, uji T sampel bebas untuk analisis perbedaan, dan analisis cluster menggunakan metode K-Means Clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen generasi Millennial dan Zoomer cenderung didominasi oleh perempuan, angkatan kerja, memiliki tujuan mengisi waktu luang, mencari informasi melalui media sosial, dan memberikan prioritas pada cita rasa. Terdapat perbedaan signifikan antara konsumen Millennial dan Zoomer dalam preferensi kedai kopi terkait media promosi, fasilitas WIFI/stopkontak, fasilitas hiburan live music, proses pemesanan, dan proses pembayaran. Berdasarkan preferensi terhadap atribut kedai kopi, segmentasi konsumen terbagi menjadi tiga segmen, yaitu pecinta kopi, petualang rasa kopi, dan konsumen yang mengedepankan kualitas minuman kopi. Implikasi manajerial bagi IKIO Coffee dan kedai-kedai kopi lainnya adalah mengarahkan strategi pemasaran lebih khusus pada segmen konsumen petualang rasa untuk generasi Zoomer, serta mengutamakan inovasi dan diferensiasi dalam menyajikan minuman kopi berkualitas untuk generasi Millennial.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120050
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover752.08 kBAdobe PDFView/Open
Full Text.pdf
  Restricted Access
Full Text8.77 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran3.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.