Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120009
Title: Kajian Effektivitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Gizi Dalam Membantu Pembentukan Pola Makan Dan Perilaku Makan Pada Murid Sekolah Dasar
Authors: Khumaidi, M.
Khomsan, Ali
Susanto, Djoko
Mende, Rahayu Dewi S. Y.
Issue Date: 1996
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Penelitian ini bertujuan menggali pelaksanaan pokok bahasan gizi pada kurikulum Sekolah Dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mempelajari apakah PBM dengan materi gizi yang didapat dari sekolah memberi sumbangan dalam membentuk pola makan dan perilaku makan anak usia sekolah dasar. Hal lain yang juga ingin diketahui adalah faktor sosial- ekonomi (pendapatan) serta pendidikan orangtua (ibu) yang berhubungan erat dengan pembentukan pola dan perilaku makan pada anak. Penelitian ini merupakan studi kasus yang disertai dengan eksperimen. Eksperimen yang dimaksud adalah mengisi kegiatan belajar mengajar pada saat materi gizi sudah masuk ke dalam pokok bahasan yang harus diajarkan, selain itu memberikan penyuluhan gizi kepada orangtua siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri IV Babakan Darmaga, Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Pelaksanaan pepenelitian pada Caturwulan Ke II dan Caturwulan ke III tahun ajaran 1994 1995, yaitu bulan Oktober 1994 sampai dengan bulan Mei 1995. Pengambilan contoh dilakukan secara sengaja mulai dari kelas 1 - 5 dengan melihat komposisi penyebaran materi Pengetahuan Gizi yang disisipkan di beberapa mata pelajaran. Penelitian ini melibatkan 107 siswa yang diberi perlakuan penyuluhan dan 65 siswa sebagai kontrol. Sedangkan orangtua yang ikut serta dalam kegiatan penyuluhan adalah 46 orang. Berdasarkan hasil penilaian tercatat bahwa pada kelompok perlakuan jumlah yang berpengetahuan gizi kurang adalah 69% dan kelompok kontrol 61%, kriteria sangat baik pada siswa perlakuan (contoh) adalah 16% dan pada kontrol 14%. Hasil uji beda rata-rata dua kelompok menunjukkan hasil tes awal pengetahuan gizi tidak berbeda nyata (p>0,05), hal ini berarti kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sebelum kegiatan PBM mempunyai kemampuan pengetahuan gizi yang sama. Hasil pengukuran akhir kegiatan PBM menunjukkan bahwa jumlah siswa perlakuan dengan kriteria pengetahuan gizi kurang menurun 43%, dan pada siswa kontrol tidak ada perubahan 61%, bahkan diikuti oleh peningkatan 29% dengan kriteria sangat baik pada siswa contoh kelompok perlakuan. Sedangkan pada siswa kontrol tidak banyak perubahan yang berarti, yaitu pada akhir PBM siswa dengan kriteria sedang naik menjadi 15%. Hasil uji beda rata-rata dua kelompok menunjukkan perbedaan yang nyata antara kelompok contoh dan kelompok kontrol (p<0,01), hal ini berarti setelah kegiatan PBM pengetahuan gizi siswa contoh lebih tinggi dibandingkan dengan pengetahuan gizi siswa kontrol…dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120009
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1996rds.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.