Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119816
Title: Studi Tentang Desain Kapa! Kayu Mina Jaya BPPT 01
Authors: Pasaribu, Bonar P.
Murdiyanto, Bambang
Hariyanto
Iskandar, Budhi Hascaryo
Issue Date: 1997
Publisher: Bogor Agricultural University (IPB)
Abstract: Pembangunan kapal kayo penangkap ikan di Indonesia sebagian besar masih dikerjakan di galangan kapal rakyat. Metode dan teknik pembangunan kapalnya masih berpedoman pada acuan-acuan yang diwariskan dari generasi-generasi sebelurnnya. Hal ini masih terus berlanjut hingga sekarang di seluruh Indonesia. Sudah saatnya penyempurnaan metode dan teknik pembangunan kapal kayo penangkap ikan di Indonesia dilakukan agar kapal-kapal ikan Indonesia dapat bersaing dengan kapal-kapal asing lainnya. Salah satu usaha pemerintah dalam hal ini adalah dengan membangun Kapal Kayo Mina Jaya BPPT 01 (KKMJ BPPT 01) di Pelabuhanratu. Kapal ini merupakan basil modifikasi kapal kayo penangkap ikan tradisional yang ada di Pelabuhanratu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh penyempurnaan desain dari kapal-kapal kayo penangkap ikan (terutama jenis gillnet-diesel) yang ada di Pelabuhanratu (2) memperoleh keragaan teknis Kapal Kayo Mina Jaya BPPT 01 setelah dioperasikan untuk beberapa lama di perairan Belitung. Analisis data teknis kapal dilakukan dengan menggunakan Sistem Rancang Bangun Kapal (SIRBAK). Penelitian dilakukan di BPP. Teknologi Jakarta dan Laboratorium Kapa! dan Instrumentasi Penangkapan Ikan Jurusan Pernanfaatan sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan IPB. Hasil analisis terhadap parameter hidrostatis kapal (hingga draft tertinggi) menunjukkan bahwa nilai parameter ton displacement (Li) KKMJ BPPT 01 45.9921 ton dan volume displacement (V) 44.8703 m3; parameter koefisien kegemukan (coefficient of fineness) Cw 0.7789, Cvp 0.5413, Cp 0.6300, C@ 0.6713 dan Cb 0.4229 nilai koefisien ini menunjukkan KKMJ BPPT 01 memiliki bentuk badan badan kapal yang gemuk. Pada kapal ikan bentuk badan kapal yang gemuk merupakan suatu ha! yang umum karena pada bagian badan kapal ini terdapat palkah tempat penyimpanan basil tangkapan. Parameter lain yang juga umum dibincangkan adalah TPC (ton per centimeter immerssion) yakni berat, dalam ton, yang dibutuhkan untuk merubah draft sebesar satu centimeter. Nilai TPC dari KKMJ BPPT 01 adalah 0.5665.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119816
Appears in Collections:MT - Fisheries

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1997bhi.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.