Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119217
Title: Peranan sektor tanaman bahan makanan dalam pembangunan ekonomi Provinsi Sumatera Utara: analisis input-output
Authors: Sinaga, Bonar M
Priyarsono, D.S
Hotman, Jan
Issue Date: 2006
Abstract: Struktur perekonomian Indonesia sejak pertengahan Pelita V dewasa ini sudah bergeser dari sektor pertanian ke sektor industri. Sumbangan sektor pertanian terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) cenderung mulai menurun Walaupun demikian, sektor pertanian masih memegang peranan sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional maupun wilayah Peranan sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi adalah sebagai: (1) pemasok bahan makanan terhadap sektor ekonomi lainnya, (2) penyedia surplus bagi sektor lain, penyedia marketable surplus yang meningkatkan permintaan pedesaan hadap sektor lainnya, dan (4) sumber devisa baik melalui kegiatan ekspor maupun penghematan devisa melahi subsitasi impor. Di samping itu, peranan sektor perhatian dapat mengurangi jumlah penduduk yang berada di bawah garis kimiskinan karena sebagian besar penduduk Indonesia hidup dari hasil pertanian (Sugiarti, 1994 dan Putri, 1995) Dalam usaha merencanakan pembangunan, para perencana sering menghadapi masalah adanya ketimpangan. Salah satu penyebab ketimpangan tersebut adalah penyebaran investasi yang tidak merata baik dalam lingkup regional ataupun sektor-sektor. Upaya yang dapat ditempuh untuk mengurangi ketimpangan di dalam perencanaan adalah dengan mengetahui berbagai peran sektoral di dalam pembangunan. Peran dari berbagai sektor inilah selanjumya butuhkan untuk melihat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan PB Unive...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119217
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2006jho.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.