Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118832
Title: Penentuan Prioritas Penerapan Produksi Bersih pad a Industri Pengolahan Kelapa Sawit (Studi kasus di PT Perkebunan Nusantara V Sungai Galuh - Riau)
Other Titles: The Determining of the Application pJ'iority of the Cleaner Production PT Perkebunan Nusantara V Sungai Galuh Riau
Authors: Noor, Erliza
Ismayana, Andes
Kurniawan, Fauzan
Issue Date: 2004
Publisher: IPB University
Abstract: Limbah pabrik kelapa sawit (PKS), yang terdiri dari limbah gas, padar dan cair sangat potensial mengakibatkan pencemaran pada lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik. Untuk mengendalikan jumlah dan tingkat pencemaran yang dihasilkan, maka pihak perkebunan kelapa sawit perlu melaksanakan kegiatan produksi bersih. Secara operasional, program produksi bersih pada PKS sangat diperlukan sebagai suatu upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan bahan baku, energi, sumber daya lainnya. upaya mengurangi volume dan daya cemar limbah selia upaya memanfaatkan limbah. pada seluruh mata rantai produksi. Strategi yang ditempuh adalah dengan mengadopsi kegiatan porduksi yang telah dilakukall oleh PKS lain dan dengan membuat suatu prioritas kegiatan yang dinilai layak secara teknis, ekonomis dan Iingkungan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118832
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2004fku1.pdf
  Restricted Access
Fullteks27.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.