Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118809
Title: Analisis Patrial Least Squares Untuk Mengembangkan Model Critical Succes Factors Dalam Implementasi Enterprise Resour Planing SAP Pada Industri Kecil Dan Menengah
Authors: Syamsun, Muhammad
Raharja, Sapta
Ratono, Joko
Issue Date: 2010
Publisher: Bogor Argicultural University (IPB)
Abstract: Perusahaan kecil menengah atau small and medium business (SMB) berlomba-lomba memenuhi kebutuhan integrasi informasi dengan melakukan implementasi paket software Enterprise Resource Planning (ERP) karena alasan adopsi best practice atau praktek terbaik yang terdapat dalam ERP. Faktor lain adalah waktu implementasi, biaya dan tingkat kesulitan yang tinggi, jika mengembangkan sendiri. Meskipun manfaatnya sangat besar, namun implementasi ERP masih banyak yang menemui kegagalan. Diperlukan analisis terhadap Critical Success Factors (CSF) untuk mengetahui faktor penentu sukses implementasi yang dapat menjadi fokus perhatian sehingga implementasi ERP dapat mencapai keberhasilan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui indikator faktor kritis (CSF) apa saja yang berpengaruh nyata terhadap kesuksesan implementasi ERP, mengukur kesuksesan suatu implementasi ERP dan mengembangkan model pengaruh CSF terhadap kesuksesan ERP, sehingga permasalahan kegagalan implementasi dapat diatasi atau setidaknya dapat dikurangi. Penelitian dilakukan melalui studi kasus implementasi ERP SAP BI di perusahaan PT Java berlokasi di Cirebon. Data primer diambil melalui kuesioner dan diskusi dengan sampel layak sebanyak 32 responden yang terlibat dalam implementasi dan pengguna SAP BI. Metode kajian yang digunakan adalah analisis partial least squares (PLS) dengan mengembangkan model CSF terhadap ERP Sukses. Pada analisis model outer reflektif, pengukuran peubah laten (unobserved) ERP sukses direfleksikan dari indikator (1) implementasi tepat waktu. kualitas dan anggaran, (2) perbaikan proses bisnis, (3) efisiensi dan (4) kepuasan internal. Sedangkan pada model outer - formatif, peubah laten CSF dikelompokkan ke dalam (1) CSF Budaya, (2) CSF People, (3) CSF Strategi, (4) CSF Organisasi dan (5) CSF Technical yang dibentuk oleh masing-masing indikator. Analisis model inner dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh CSF terhadap ERP sukses baik secara langsung maupun tidak langsung sesuai dengan model yang dikembangkan......dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118809
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2010jra.pdf
  Restricted Access
Fulltext18.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.