Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118755
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNasution, Syahrun Hamdani-
dc.contributor.advisorLumintang, Richard WE.-
dc.contributor.authorAlkatiri, Jufri-
dc.date.accessioned2023-06-11T14:02:17Z-
dc.date.available2023-06-11T14:02:17Z-
dc.date.issued2006-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118755-
dc.description.abstractSecara umum tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui sikap individu mas_yarakat mengenai tayangan berita dengan motto aktual, tajam dan terpercaya Liputan 6 Petang SCTV, (2) Mengetahui hubungan karakteristik individu dengan opini pemirsa tentang motto aktual, tajam dan terpercaya, (3) Mengetahui hubungan perilaku komunikasi, desain siaran terhadap opini pemirsa tentang motto aktual, tajam dan terpercaya dan (4) Mengetahui hubungan sikap dan reaksi dengan opini pemirsa tentang motto aktual, tajam dan terpercaya. Pengambilan data meliputi pemirsa yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Provinsi Jawa Barat). Waktu kegiatan bulan Februari sampai April 2006. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif (purposive sampling), jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi lapang, studi literatur, dan menghimpun data Research & Development SCTV. Alat analisis dengan menggunakan · analisis deskriptif dan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunj.ukkan sikap responden terhadap berita-berita yang ditayangkan dalam Liputan 6 Petang SCTV masih relatif disenangi oleh masyarakat. berita-berita yang disajikan Liputan 6 Petang SCTV yang masih dibungkus dengan motto klasiknya, Aktual, Tajam, dan Terpercaya. Secara umum pemirsa Liputan 6 Petang SCTV memiliki kesamaan karakteristik yakni responden berumur rata-rata 21 - 40 tahun, pendidikan rata-rata adalah strata satu (S1) tahun, pekerjaan rata­rata sebagai pegawai dan swasta serta pendapatan rata-rata Rp. 600.000 - Rp. 1.000.000. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemirsa di Jakarta Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan reaksi dengan opini pemirsa terhadap motto "aktual", wilayah Bogor hanya antara reaksi dengan motto "tajam", wilayah Bekasi hubungan sikap dan reaksi tidak signifikan dengan motto dan wilayah Tangerang terdapat hubungan yang signifikan hanya antara sikap dengan motto "tajam". Dengan demikian hubungan opini pemirsa dari empat kota memiliki sikap dan persepsi yang berbeda-beda terhadap motto Liputan 6 SCTV.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcSociologyid
dc.subject.ddcMedia communiactionid
dc.titleSikap Pemirsa Terhadap Motto Liputan 6 Petang SCTV : Aktual, Tajam, Terpercayaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordObservasi lapangid
dc.subject.keywordKomunikasi massaid
dc.subject.keywordTelevisiid
dc.subject.keywordPurposive samplingid
dc.subject.keywordWawancaraid
Appears in Collections:MT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2006jal.pdf
  Restricted Access
Fulltext6.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.