Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118742
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorH. Suryahadi-
dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun-
dc.contributor.authorNazaruddin, Rizwan-
dc.date.accessioned2023-06-11T13:59:34Z-
dc.date.available2023-06-11T13:59:34Z-
dc.date.issued2009-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118742-
dc.description.abstractSektor peternakan adalah salah satu sektor andalan dalam sistem dan usaha agribisnis di Indonesia yang telah menerapkan strategi demand driven yang sebenarnya. Sektor strategis yang menyerap jutaan lapangan kerja di pedesaaan dan perkotaan tersebut tidak hanya menjalankan sistem produksi dengan supplyoriented yang sangat rentan terhadap anjloknya harga akibat kelebihan penawaran, namun sejak awal perkembangannya tumbuh dan berkembang karena merespon permintaan masyarakat akan daging dan telur sebgai sumber protein hewani. Tujuan kajian ini secara umum adalah mengetahui strategi yang digunakan CV. Intan Jaya Abadi (CV IJA) dalam menghadapi kondisi pasang surut industri peternakan ayam di Sukabumi. Secara khusus, kajian ini bertujuan untuk a) mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran usaha peternakan ayam pada CV IJA yang meliputi aspek penawaran dan permintaan, pangsa pasar, nilai tambah, kinerja keuangan, teknis pemasaran dan biaya pemasaran; b) menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan CV IJA dalam kelancaran dan kelangsungan usaha; c) menyusun strategi pemasaran yang sesuai bagi CV IJA dalam mengelola dan mengembangkan usaha peternakan ayam. Penelitian ini dilaksanakan di CV IJA yang berlokasi di Sukabumi Jawa Barat dari bulan Januari – Maret 2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dilakukan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan yang ada dan bentuk penelitian adalah studi kasus. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner dan wawancara dengan pakar (pemilik usaha, manager marketing dan manager produksi) dan data sekunder diperoleh dari laporan finansial dan pemasaran produk perusahaan seperti neraca dan laporan rugi laba, serta catatan tentang aspek pemasaran dan strategi pemasaran yang telah dilakukan dan data-data dari instansi atau lembaga terkait seperti Kantor Akuntan Publik, Departemen Pertanian, Badan Pusat Statistik (BPS) dan lainlain, serta perusahaan sejenis sebagai studi banding. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan alat analisis yang sesuai, yaitu analisis deskriptif, analisis internal dan eksternal, matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan identifikasi dan analisis CV IJA memiliki faktor keberhasilan sehingga tetap stabil dan berkembang diantaranya; penawaran dan permintaan masih tinggi, pangsa pasar masih lingkup lokal DKI (90%) dan Jawa Barat (10%) namun tetap dapat meningkatkan omset penjualan, nilai tambah berupa rencana perusahan kedepan dengan membangun RPA, kondisi struktur keuangan yang baik (likuid, solvable dan profitable), perusahaan sudah melakukan efisiensi, DOC diperoleh dari perusahaan sendiri (swasembada), perusahaan terus melakukan investasi untuk perluasan kapasitas produksi. dst ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcBusiness managementid
dc.subject.ddcMarketingid
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Peternakan Ayam CV. Intan Jaya Abadi Sukabumiid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordMarketing Strategyid
dc.subject.keywordChicken Farmid
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2009rna.pdf
  Restricted Access
Fulltext999.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.