Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118430
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSinukaban, Naik-
dc.contributor.advisorAgus, Fahmuddin-
dc.contributor.advisorRusli, Said-
dc.contributor.authorIllahi, Assalahudin Kurnia-
dc.date.accessioned2023-06-06T04:04:06Z-
dc.date.available2023-06-06T04:04:06Z-
dc.date.issued2000-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118430-
dc.description.abstractKurangnya pemahaman petani mengenai penerapan teknik-teknik konservasi tanah dan air merupakan salah satu sebab rendahnya adopsi petani terhadap teknik-teknik konservasi tanah dan air. Persepsi petani perlu diketahui agar dalam pelaksanaan program konservasi tidak berbenturan dengan kepentingan petani dan petani dapat berperan aktif dalam kegiatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis persepsi petani tentang setiap teknik konservasi yang diintroduksi pada Model Mikro DAS (MMD), 2) Mengetahui teknik konservasi yang ingin diterapkan oleh petani selain yang diintroduksikan oleh pemerintah dan memahami mengapa petani memilih teknik tersebut, 3) Menganalisis seberapa besar partisipasi petani untuk setiap teknik konservasi, 4) Menganalisis besarnya biaya usaha tani pada setiap teknik konservasi berdasarkan skenario biaya konservasi, 5) Mengkaji hubungan jumlah sedimentasi dan aliran permukaan dengan teknik-teknik konservasi tanah pada Model Mikro DAS (MMD).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis persepsi dan partisipasi petani dalam penerapan teknik-teknik konservasi tanah dan air di DAS Cimanuk Hulu Jawa Baratid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordErotionid
dc.subject.keywordTerracing;id
dc.subject.keywordConservationid
Appears in Collections:MT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2000aki.pdf
  Restricted Access
Fullteks19.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.