Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118282
Title: Strategi Pemasaran Tanaman Hias Di Nursery X, Kota Tangerang Selatan.
Authors: Sarma, Ma’mun
Limbong, Wilson H
Novitasari, Dewiana
Issue Date: 2013
Abstract: Tanaman hias merupakan salah satu komoditas hortikultura yang cukup potensial untuk dikembangkan. Hal ini didukung dengan meningkatnya pendapatan, tuntutan keindahan lingkungan pembangunan industri, pariwisata, serta pembangunan kompleks perhotelan, perumahan, dan perkantoran. Salah satu bentuk tanaman hias yang saat ini banyak diminati masyarakat perkotaan khususnya adalah tanaman hias dalam pot (potplant). Usaha ini berkembang seiring kebutuhan dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang asri, nyaman, indah dan terbebas dari polusi. Usaha tanaman hias pada saat ini telah berkembang di berbagai daerah hingga menjadi pusat pertumbuhan baru yang diandalkan. Upaya pengembangan usahatani tanaman hias dapat diwujudkan mengingat letak geografis, iklim, tanah dan sumber daya manusia yang kondusif. Salah satu daerah yang prospektif untuk pengembangan usahatani tanaman hias adalah Kota Tangerang Selatan. Keseimbangan antara faktor internal dan faktor eksternal suatu usaha sangat diperlukan melalui sistem, strategi yang baik, pembacaan peluang pasar dan perilaku konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat penjualan tanaman hias di Nursery X; menyusun strategi pemasaran tanaman hias di Nursery X berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal; merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan tanaman hias di Nursery X. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) di Nursery X, Kota Tangerang Selatan, mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2013. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling yang digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan eksternal, internal, matriks SWOT dan Porter 5 Forces. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengolahan data menggunakan Porter 5 Forces sebagai tools dalam analisis SWOT dan analisis break even point (BEP) untuk mengetahui hubungan antara biaya, volume dan laba.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118282
Appears in Collections:MT - Economic and Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2013dno1.pdf
  Restricted Access
Fulltext7.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.