Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118264
Title: Analisis Kelayakan Usaha dan Pengembangan Strategi pada Outlet Ayam Goreng Waralaba dan Mandiri
Authors: Saleh, Amiruddin
Palupi, Sri Nurheni
Widuri, Bambang
Issue Date: 2012
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia masih mengalami berbagai kendala mulai dari akses pasar sampai permodalan. Kendala ini sekaligus menjadikan tantangan bagi pengusaha kecil untuk berkembang. Kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah antara lain terletak pada kepemilikan pengetahuan, keberanian dan kesungguhan dalam menjalankan usaha. Untuk meminimalkan risiko yang mungkin timbul, banyak pengusaha kecil saat ini, terutama seseorang yang sebelumnya belum pernah menggeluti suatu usaha tertentu dapat memiliki usaha tanpa memulai dari nol, yaitu menggunakan sistem waralaba (franchise) sebagai sarana bagi pengusaha dalam mengembangkan usaha. Waralaba adalah suatu kemitraan usaha yang dapat memberikan nilai tambah bagi dirinya dan juga pihak yang terlibat. Pengembangan usaha melalui sistem waralaba sedang melejit di Indonesia. Melalui sistem yang telah dibangun tersebut, sistem kemitraan antara pewaralaba dan terwaralaba dapat berkembang dan memberikan keuntungan pada kedua pihak. Maraknya perdagangan ayam goreng dengan sistem waralaba menjadi pilihan kalangan pebisnis. Namun demikian tetap perlu diingat bahwa pengembangan waralaba tak selamanya berujung sukses. Tidak sedikit yang gagal dan bangkrut. Kejelian memilih waralaba dan mengkalkulasi kelayakan usaha suatu waralaba (franchise) untuk dikembangkan di suatu tempat merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan berbisnis waralaba. Kegagalan dalam berbisnis dapat ditelusuri melalui beberapa aspek, yaitu aspek keuangan dalam hal menilai kelayakan investasi, aspek manajemen, aspek teknik tanpa melupakan aspek kepuasan konsumen terhadap produk. Untuk itu perlu kiranya dilakukan suatu kajian mengenai kelayakan usaha ayam goreng waralaba (franchise) dan melakukan komparasi dengan usaha ayam goreng mandiri. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kelayakan usaha ayam outlet ayam goreng waralaba dan mandiri, (2) mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap produk ayam goreng waralaba dan mandiri, (3) menyusun strategi yang tepat untuk pengembangan usaha waralaba dan mandiri. Penelitian dilaksanakan di outlet waralaba Sabana Perumahan Sukatani dan perumahan Vila Nusa Indah, outlet mandiri Asoka di Perumahan Sakura Regency dan Crunchys Fried Chicken Vila Nusa Indah 3 Kabupaten Bogor. Kajian ini menggunakan metode deskriptif yang didukung oleh data kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diambil dan diolah dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak konsumen dan internal perusahaan. Data sekunder diambil dari data yang tersedia di perusahaan. Pengambilan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling. Responden internal terdiri dari delapan orang, terdiri dari empat orang pemilik dan empat orang karyawan masing masing outlet. Untuk responden eksternal adalah konsumen yang telah melakukan lebih dari dua kali pembelian pada outlet dimana kuesioner dibagikan. Teknik pengolahan data menggunakan analisis Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Payback Period (PBP), Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal...dst
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118264
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2012bwi1.pdf
  Restricted Access
Full text2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.